Events Calendar

« < April 2024 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Login Publisher



Who's Online

We have 831 guests online
Welcome to ASOHI
ASOHI DAERAH JAWA TENGAH GELAR PROTAS PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 15:18
SURAKARTA, Rabu, 7 Februari 2024. Bertempat di Hotel Megaland Jl. Slamet Riyadi No.351, Kota Surakarta, Pengurus ASOHI Daerah Jawa Tengah yang diketuai Ir H Agus Eko Sulistyo menggelar acara Program Temu Anggota ASOHI (PROTAS) yang diikuti seluruh anggota ASOHI Jawa Tengah. 
 
Kegiatan PROTAS kali ini diisi dengan acara Seminar bertema “Rancangan Kebijakan Pemerintah Dalam Rencana Pengaturan dan Pembatasan Penggunaan Antibiotik dalam Waktu Dekat dan Perijinan OSS” 
 
Bertindak sebagai pembicara pertama Drh Ni Made Ria Isriyanthi PhD, Koordinator Substansi Kelompok Pengawasan Obat Hewan, Ditjen PKH yang membawakan presentasi berjudul “Rancangan Kebijakan Pemerintah Dalam Rencana Pengaturan dan Pembatasan Penggunaan Antibiotik dalam Waktu Dekat. Sementara materi tentang “Perijinan OSS” disampaikan oleh Nugroho Tri Wibowo perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkot Solo. 
Read more...
 
ASOHI HADIRI GRAND OPENING HEWANIA VET CLINIC AERIUM RESIDENCE PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 15:11
JAKARTA, Sabtu 17 Februari 2023. Perkembangan bisnis dalam bidang perawatan dan kesehatan hewan peliharaan mengalami pertumbuhan yang meningkat. Pada tahun 2026 mendatang populasi kucing yang dipelihara sebagai hewan kesayangan diprediksi dapat mencapai 5,95 juta ekor, sedangkan anjing mencapai 919,2 ribu ekor, menurut lembaga penyedia data bisnis global, riset pasar, dan analisis terkemuka di dunia, Euromonitor International. Pertumbuhan hewan peliharaan ini turut berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan bagi si anabul, atau anak bulu, istilah untuk hewan peliharaan. Kehadiran sebuah klinik hewan menjadi suatu kebutuhan yang diperlukan.
 
Melihat peluang tersebut, Aerium Residence sebagai hunian pertama di Jakarta Barat yang mengusung konsep The First Prestigious Dog Friendly Apartment terus berupaya untuk menghadirkan beragam fasilitas penunjang bagi pecinta anabul. Kini, Aerium Residence kembali bekerja sama dengan Hewania Vet Clinic menggelar grand opening klinik hewan dengan mengusung tema Home Sweet Paws: Pawlentine Vaganza.
Read more...
 
NUTRICELL KEMBALI RAMBAH PASAR INTERNASIONAL JEPANG DAN VIETNAM PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 14:59
TANGERANG SELATAN, Senin 29 Januari 2024. Perusahaan yang bergerak di bidang nutrisi dan kesehatan hewan, Nutricell Pacific, mengumumkan masuknya rangkaian produknya ke pasar Vietnam dan Jepang. Nutricell memperkenalkan produk Nutrifat Ca-84 dan berbagai item Makanan Hewan untuk memenuhi preferensi dan permintaan yang berbeda dari pasar Jepang dan Vietnam.
 
“Kami sangat senang membawa Nutrifat Ca-84 dan rangkaian produk makanan hewan berkualitas tinggi kami ke Jepang dan Vietnam. Nuansa budaya dan tuntutan unik dari pasar-pasar ini telah menginspirasi kami untuk mengembangkan produk yang tidak hanya memenuhi tetapi melampaui ekspektasi. Kami berharap untuk menjalin hubungan yang langgeng dan menjadi mitra yang dapat diandalkan di pasar ekspor yang dinamis ini.” ujar Suaedi Sunanto selaku CEO Nutricell dalam Ekspor Ceremonial di Kantor Nutricell, Tangerang Selatan.
Read more...
 
KEMENTAN TINGKATKAN KOMPETENSI SDM DIAGNOSIS VIRUS PMK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 14:48
SURABAYA, Senin 5 Februari 2024. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, melalui Balai Besar Veteriner Farma (BBVF) Pusvetma, menggelar Workshop Diagnosis Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kegiatan ini melibatkan narasumber dari Pirbright Institute United Kingdom selama 4 hari (5-8/2) bertempat di Surabaya, Jawa Timur.
 
Workshop diselenggarakan atas kerjasama dengan FAO ECTAD Indonesia dan World Reference Laboratory for Foot and Mouth Disease (WRLFMD) The Pirbright Institute. Adapun tujuan workshop dihelat dalam rangka peningkatan kemampuan teknis laboratorium, harmonisasi pengujian diagnostik dan mendukung peran BBVF Pusvetma sebagai Laboratorium Rujukan Nasional PMK.
 
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi, mengapresiasi pelaksanaan workshop tersebut dan mengharapkan para staf teknis laboratorium kesehatan hewan dapat melakukan pengujian diagnostik Virus PMK (FMDV). Baik serologis maupun molekuler, serta dapat membentuk tim ahli laboratorium Indonesia sebagai Training of Trainer (ToT) diagnostik FMDV Pengujian laboratorium.
Read more...
 
RAPAT BPA, KONSOLIDASI INTERNAL KUNCI HADAPI TANTANGAN 2024 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 15:09
JAKARTA, Selasa 09 Januari 2024. Dilakukan secara hybrid via zoom meeting dan luring bertempat di Sekretariat ASOHI Jagakarsa telah diselenggarakan Rapat Badan Pengawas ASOHI (BPA) dan Pengurus Inti ASOHI. Acara Rapat BPA kali ini merupakan yang ke-10 pada periode kepengurusan 2021-2025, dihadiri secara langsung oleh Ketua merangkap Anggota BPA Bapak Gani Harijanto, Sekretaris BPA Ir. Bambang Suharno, Anggota Dr. Drh. Sofjan Sudardjat MS, Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA, Drh. Gowinda Sibit, Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD dan Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA. Sementara Drs. Jonas Jahja Apt. bergabung secara daring via zoom meeting. 
 
Pengurus Inti ASOHI yang hadir diantaranya Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari dan Wakil Ketua 1 Ir Teddy Candinegara. 
 
Acara diawali dengan agenda rutin berupa pengarahan Ketua BPA Bapak Gani Harijanto yang menjelaskan prediksi di tahun 2024 ini dimana ekonomi diperkirakan akan tumbuh ±5,2% dengan angka inflasi ±2,8%. Nilai tukar 1 USD = Rp 15.000,-, harga minyak dunia 82 USD, dan penyakit yang masih menghantui sektor peternakan diantaranya PMK dan ASF. Gani juga memperkirakan pasar obat hewan di Indonesia akan tetap tumbuh sekira ±5%. 
 
Ia menekankan juga tahun 2024 merupakan tahun pemilu dan akhir masa pemerintahan, dimana bisa menimbulkan gejolak di industri peternakan. Terlebih situasi perekonomian global juga sedang tidak menentu akibat perang Ukraina-Rusia dan Palestina-Israel. 
Read more...
 
FGD PENGENDALIAN RESISTANSI ANTIMIKROBA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 15:02
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024. Berlangsung secara hybrid Focus Group Discussion (FGD) mengenai pengendalian resistansi antimikroba (AMR) untuk pengembangan kebijakan di bidang kesehatan hewan maupun kesehatan manusia.
 
Acara tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi kodefikasi pembiayaan kesehatan hewan dalam pengendalian AMR dan menyusun konsep untuk penguatan fakta beban AMR di sektor kesehatan dan sektor peternakan. Juga dibahas beragam studi kasus penanganan AMR di manusia dan hewan.
 
Seperti diketahui penggunaan antibiotik di sektor peternakan khususnya perunggasan memang cukup tinggi. Mengingat kasus penyakit yang terjadi di peternakan ayam cukup beragam seperti virus, bakteri, maupun parasit.
 
Menurut Gian Pertela dari Medion yang menjadi narasumber, dari data yang ia paparkan, serangan kasus bakterial di sektor peternakan menempati urutan cukup tinggi yakni sekitar 60%, sehingga membutuhkan antibiotik sebagai pengobatannya. Adapun data 2023 dari Medion, bahwa tren penggunaan antibiotik cukup beragam, di antaranya antibiotik dari golongan trimethoprim-sulfadiazine, enrofloxacin, oxytetracycline, amoxicillin, erythromycin, doxycycline, ciprofloxacin, ampicillin, gentamycin, dan tetracycline.
Read more...
 
BELAJAR EKSPOR PRODUK UNGGAS DARI NEGARA THAILAND PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 14:56
JAKARTA, RABU 21 FEBRUARI 2024. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) mengadakan webinar secara daring bertajuk “Hilir Series #1 : Lesson Learn from Thailand, Becoming an Exporter Country”. Dalam acara ini, banyak disoroti bagaimana Thailand telah sukses menjadi salah satu negara eksportir ayam yang mendunia.
 
Dalam sambutannya, Nasrullah Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, mengatakan bahwa Indonesia setiap tahunnya surplus 200.000 ton daging ayam, sehingga sangat berpeluang untuk menjadi komoditas ekspor.
 
“Kita dapat belajar dari Thailand bagaimana mengekspor daging ayam. Baik dalam bentuk livebird maupun dalam bentuk produk olahan. Para pengusaha di Indonesia dapat mulai menjalin hubungan dengan negara Uni Emirat Arab, mengingat setiap tahunnya 1 milyar orang pergi berhaji dan Indonesia menjadi negara dengan jumlah jamaah haji terbanyak,” terangnya.
 
Sementara itu, Jon Ratcliff selaku Managing Director of Food and Agriculture Consultancy Services (F.A.C.S Ltd) menjelaskan bahwa apabila Indonesia ingin mengikuti jejak Thailand sebagai negara eksportir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti regulasi pemerintah negara tujuan ekspor dalam hal aturan keamanan pangan, serta bagaimana kesejahteraan hewan dan juga HACCP.
Read more...
 
PMK MEREBAK LAGI DI PASURUAN, SEPEKAN 31 SAPI MATI PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 26 February 2024 14:43
PASURUAN, Selasa 20 Februari 2024. Penyakit mulut dan kuku (PMK) merebak lagi di Pasuruan. Puluhan ekor sapi mati. Virus PMK yang menyerang kali ini disebut lebih ganas dari sebelumnya. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, merilis dalam kurun waktu 7 hari terhitung 14-20 Februari 2024, ada 145 kasus PMK dengan 31 ekor sapi diantaranya mati. 
 
"Merebaknya kembali kasus PMK sangat mengagetkan. Sebab mulai bulan Mei tahun 2023 hingga di penghujung tahun, tidak ada laporan sapi terinfeksi PMK alias zero reported," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, drh Ainur Alfiah, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti.
Read more...
 
STANDAR DAN KRITERIA TEKNIS PENDAFTARAN VAKSIN PMK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 15:05
JAKARTA, Selasa 29 Desember 2023. Melalui surat edaran resminya yang ditujukan kepada ASOHI dan perusahaan obat hewan anggotanya, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr Ir Nasrullah MSc menyampaikan Standar dan Kriteria Teknis Pendaftaran/Registrasi Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 
 
Dalam suratnya Dirjen menjelaskan, sehubungan dengan terbitnya Keputusan menteri Pertanian No. 311/KPTS/PK.320/M/06/2023 tentang Penetapan Status Situasi Penyakit Hewan, maka untuk memenuhi ketersediaan vaksin PMK di Indonesia pada kondisi endemik, diperlukan pelaksanaan proses pendaftaran/registrasi vaksin PMK produk impor maupun produk dalam negeri dengan mengacu pada ketentuan Peraturan Menteri Pertanian No. 15 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Standar Produk pada Penyelenggaraan Perizinan berusaha Berbasis Risiko Sektor Pertanian dan Peraturan Menteri Pertanian No. 16 Tahun 2021 tentang Kajian lapang dan Pengawasan Obat Hewan. 
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 4 of 229

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Polls

Apakah sebaiknya Situs ASOHI diperuntukkan
 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1130
mod_vvisit_counterYesterday2379
mod_vvisit_counterThis week12471
mod_vvisit_counterThis month33388
mod_vvisit_counterAll6215133