Events Calendar

« < April 2024 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Login Publisher



Who's Online

We have 777 guests online
Welcome to ASOHI
INDONESIA TERIMA BANTUAN VAKSIN LSD TAHAP KEDUA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 14:10
JAKARTA, Senin 8 Januari 2024. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menerima bantuan vaksin lumpy skin disease (LSD) tahap kedua sebanyak 500.000 dosis dari Australia.
 
Vaksin tersebut diberikan secara resmi kepada Kementan dalam kegiatan serah terima  di Gudang cold chain PT Kiat Ananda, untuk disimpan sebelum didistribusikan. Simbolis penyerahan bantuan vaksin dilakukan oleh Dane Roberts (Konselor Pertanian Australia), kepada Nuryani Zainuddin (Direktur Kesehatan Hewan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan).
 
Pada kesempatan tersebut Nuryani mengatakan, kemitraan antara Indonesia dan Australia sangatlah penting untuk terus berkolaborasi dalam melawan penyakit LSD yang telah terkonfirmasi di 17 provinsi di Indonesia.
 
Penyerahan vaksin ini merupakan bagian keseluruhan donasi 1 juta dosis vaksin LSD yang telah disepakati di 2023, yang diberikan oleh Departemen Pertanian, Perikanan, dan Perhutanan Australia untuk membantu Indonesia dalam menangani LSD. Sebelumnya, tahap pertama vaksin LSD sebanyak 500.000 dosis telah didonasikan pada Mei 2023 dan telah terdistribusi ke beberapa provinsi tertular.
Read more...
 
RESPON CEPAT MASALAH, PETERNAK SAMPAIKAN TERIMA KASIH KEPADA MENTAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 14:07
JAKARTA, Kamis 28 Desember 2023. Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, melakukan audiensi dengan para peternak unggas rakyat di kantornya. Pada audiensi tersebut, Amran menegaskan keberpihakan pemerintah kepada para peternak rakyat.
 
“Negara dibangun untuk membantu rakyatnya,” tegas Amran dalam keterangan tertulisnya. Ia pun meminta jajarannya untuk merumuskan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) tentang tata kelola ternak unggas. Diharapkan dengan peraturan terbaru tersebut nantinya akan lebih mudah bagi pemerintah untuk menjaga keseimbangan pasokan unggas nasional.
 
”Pendekatan dalam membenahi tata kelola peternakan unggas ini memang harus dilakukan secara holistik, tidak bisa parsial,” terang dia.
 
Pada kegiatan audiensi turut hadir sejumlah asosiasi peternak rakyat, antara lain Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN), dan Forum Peternak Layer Nasional.
Read more...
 
WAMENTAN HARAP PETERNAK LIBATKAN KUD TINGKATKAN POPULASI SAPI PERAH PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 13:59
PASURUAN, Jumat 15 Desember 2023. Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengatakan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) turut memberikan dampak pada turunnya produksi susu nasional hingga 30-40 persen. Menurut Wamentan, hal tersebut disebabkan banyaknya populasi sapi yang mati akibat PMK tahun lalu. Hal ini disampaikan saat meninjau peternakan sapi perah yang dikelola oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Sembada, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
 
"Pasca PMK kemarin, populasi sapi perah mengalami penurunan, termasuk di Kabupaten Pasuruan. Ini tentu sangat berdampak pada produksi susu kita," kata Wamentan. 
 
Wamentan Harvick berharap para peternak di Pasuruan terus meningkatkan produksi susu melalui penambahan populasi dari masyarakat atau Koperasi Unit Desa (KUD) melalui pembelian KUR. Sehingga, peternak dapat mengangsur dari bank pemerintah. Selain itu, pihaknya juga akan merumuskan regulasi kepada Industri Pengolahan Susu (IPS) untuk mengutamakan koperasi yang melakukan pembinaan kepada peternak.
 
Last Updated on Monday, 22 January 2024 14:00
Read more...
 
PINSAR PETELUR NASIONAL SOLO RAYA MINTA INOVASI DARI DOSEN IPB PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 13:53
SOLO, Jumat 5 Januari 2024. Dalam rangka pelaksanaan Dosen Mengabdi Inovasi (DMI), Tim IPB telah bertemu dengan anggota dan pengurus Pinsar Petelur Nasional (PPN) Solo Raya untuk membahas permasalahan yang dihadapi peternak petelur (layer) mandiri tersebut.
 
Disampaikan oleh Robby Susanto bahwa, peternak layer mandiri selalu bermasalah dalam pengadaan pakan, terutama bahan baku pakan yaitu jagung yang kontinuitasnya tidak stabil. Oleh karena itu, yang menjadi masalah adalah dalam biaya pakan, yang akan mempengaruhi harga jual telur di tingkat kandang.
 
Disampaikan oleh drh Heru Santosa, bahwa selama ini berlaku pendapat bahwa Harga Pokok Penjualan (HPP), apabila 3.5 kali harga pakan. Oleh karena itu, dia meminta Tim Dosen Mengabdi Inovasi IPB agar dapat melakukan riset yang bisa menjadi patokan apakah benar harga jual telur akan impas bila seharga 3.5 kali harga pakan. Faktor apa saja yang mempengaruhi harga jual telur. Apakah benar, 3.5 kali harga pakan.
Read more...
 
RAPAT BPA BAHAS ROADMAP PENGEMBANGAN OBAT HEWAN INDONESIA 2024-2034 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:28
JAKARTA, Kamis 30 November 2023. Dilakukan secara hybrid via zoom meeting dan luring bertempat di Sekretariat ASOHI Jagakarsa telah diselenggarakan Rapat Badan Pengawas ASOHI (BPA) dan Pengurus Inti ASOHI. Acara Rapat BPA kali ini merupakan yang ke-9 pada periode kepengurusan 2021-2025, dihadiri secara langsung oleh Ketua merangkap Anggota BPA Bapak Gani Harijanto, Sekretaris merangkap Anggota Ir. Bambang Suharno, Anggota Dr. Drh. Sofjan Sudardjat MS, Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA, Drh. Gowinda Sibit, dan Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA. Sementara Drs. Jonas Jahja Apt. bergabung secara daring via zoom meeting. 
 
Pengurus Inti ASOHI yang hadir diantaranya Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari, Sekjen Drh Forlin Tinora, dan Wakil Ketua 1 Ir Teddy Candinegara. 
 
Acara diawali dengan agenda rutin berupa pengarahan Ketua BPA Bapak Gani Harijanto yang kembali mengingatkan Rekomendasi BPA untuk periode September-Desember 2023. Diantaranya soal Penertiban dan penguatan Pengurus Pusat dan Daerah sesuai keputusan Munas; Menyelengarakan Program Temu Anggota ASOHI (Protas) untuk menampung aspirasi Anggota; Menyusun “Roadmap Pengembangan Obat Hewan Indonesia”; Mengkaji konsep “Kemitraan Horizontal di Bisnis Peternakan”; terakhir adalah Memberdayakan Badan Usaha Milik ASOHI (BUMA) untuk meningkatkan kinerja ASOHI sesuai Pasal 16 ayat 1.
Read more...
 
TANAMAN JAGUNG TUMBUH SUBUR DI LAHAN FOOD ESTATE KALTENG PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 14:04
KALIMANTAN TENGAH, Senin 11 Desember 2023. Untuk memastikan kondisi jagung di lahan food estate tumbuh dan berkembang dengan baik, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan blusukan ke pertanaman jagung di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dalam kunjungan itu, Mentan memastikan kondisi jagung tumbuh dengan baik pada kurun waktu 2 bulan atau seumur Amran bertugas kembali sejak 25 Oktober 2023.
 
"Jagung ini seumur jabatan saya jadi harus cepat dikerjakan dan bukan dibicarakan, apalagi diperdebatkan. Ini harus kita kerjakan dari sekarang untuk hasil panen di bulan berikutnya," ujar Mentan Amran. 
 
Menurut Mentan Amran, saat ini kondisi pertanaman jagung di lahan seluas 600 hektare itu sudah on progres terutama melalui kolaborasi yang kuat antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan.
 
"Food estate ini untuk masa depan anak cucu kita, untuk generasi kita ke depan, juga untuk memberi pangan masyarakat dunia. Semua on progres dan saya optimis segera bisa ditangani," kata Mentan Amran.
Read more...
 
PETERNAK UNGGAS DESAK LANGKAH KONKRET PRESIDEN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 13:56
JAKARTA, Kamis 11 Januari 2024. Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) melakukan aksi simpatik untuk mengingatkan dan menyampaikan aspirasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini mereka lakukan sebagai langkah penting, guna mensejahterakan peternak rakyat, terkhususnya peternak mandiri, dan dunia perunggasan pada umumnya. Berkaitan dengan yang dihadapi peternak rakyat dan peternak mandiri tersebut. KPUN mendesak Presiden Republik Indonesia (RI) untuk meningkatkan harga jual ayam hidup (Live Bird/LB).
 
Aksi simpatik yang dilakukan KPUN tersebut dilakukan dengan cara melakukan pembagian ayam hidup kepada masyarakat yang berada di kawasan Istana Negara, kantor Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan Kantor Kementerian Pertanian (Kementan).
 
Hal ini diungkapkan oleh Alvino Antonio W. Ketua KPUN. Dia menyampaikan agar Presiden Jokowi harus melakukan langkah-langkah penting dan konkrit untuk menyelamatkan nasib peternak rakyat dan peternak mandiri yang semakin terpinggirkan. Sehingga, Presiden Jokowi juga harus memerintahkan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog). Guna melaksanakan Peraturan Bapanas No. 5 tahun 2022 mengenai Harga Acuan Pembelian (HAP) di tingkat produsen. Yang menetapkan harga batas bawah broiler (ayam pedaging) sebesar Rp 21.000 per kg dan batas atas Rp 23.000 per kg.
Read more...
 
CATATAN PENYAKIT UNGGAS DI TAHUN 2023 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 22 January 2024 13:33
JAKARTA, Kamis 21 Desember 2023. Kasus penyakit menjadi salah satu penghambat utama dalam usaha budi daya ayam ras. Terganggunya kesehatan ayam akibat penyakit, tentu dapat menghalangi peternak untuk dapat mencapai produksi yang optimal. Bahkan tak sedikit yang sampai menyebabkan kerugian. Melihat hal tersebut, Poultry Indonesia menyelenggarakan webinar Poultry Indonesia Forum Series #28 dengan tema “Jejak Kasus dan Proyeksi Penyakit Ayam Ras”.
 
Chief Operating Officer (COO) dan Co-Founder BroilerX, Pramudya Rizki Ruandhito menyampaikan bahwa secara umum, di tahun 2023 penyakit pada unggas relatif sama dengan pola penyakit yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada broiler, kasus Chronic Respiratory Diseases (CRD), Colibacillosis dan Coryza masih menjadi penyakit bakterial yang banyak dijumpai di lapangan. Sedangkan untuk penyakit viral pada broiler masih didominasi oleh Infectious Bursal Disease (IBD)/Gumboro dan Newcastle Disease (ND). Selain itu, kasus coccidiosis juga harus menjadi perhatian bagi para peternak. Dan dengan adanya fenomena el nino pada tahun 2023, yang membuat suhu udara lingkungan menjadi terasa lebih panas membuat kasus heat stress banyak terjadi, terutama pada kandang open housed.
Read more...
 
CATATAN DARI SEMINAR OUTLOOK BISNIS PETERNAKAN ASOHI PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:25
BEKASI, Selasa 21 November 2023. Masih dari gelaran Seminar Nasional Outlook Bisnis Peternakan 2024 yang digelar ASOHI. Beberapa catatan dari seminar ini diharapkan menjadi referensi penting bagi kalangan pelaku usaha peternakan dalam menyusun rencana dan melakukan evaluasi bisnis menyongsong tahun depan.  
 
Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum GPPU (Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas), Achmad Dawami. Ia mengatakan bahwasanya di era disrupsi telah membawa banyak perubahan di segala lini usaha. Hal ini, secara otomatis menuntut para pelaku perunggasan untuk melakukan cara-cara baru apabila tidak ingin tertinggal. Konsolidasi dan kolaborasi merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan.
 
Adapun Wakil Ketua Umum Persatuan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), Ir Eddy Wahyudin menyampaikan prospek komoditas broiler (ayam pedaging) dan layer (ayam petelur) pada 2024. “Terbentuk ekosistem perunggasan yang sinergis dan berdampak positif bagi seluruh pelaku usaha perunggasan dan masyarakat selaku konsumen. Harga telur dan daging broiler akan memberikan keuntungan yang lebih baik kepada para peternak sepanjang supply produksi, serta baik telur maupun daging tidak mengalami penambahan (populasi tetap seperti saat ini),” ujar dia.
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 6 of 229

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Polls

Apakah sebaiknya Situs ASOHI diperuntukkan
 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1112
mod_vvisit_counterYesterday2379
mod_vvisit_counterThis week12453
mod_vvisit_counterThis month33370
mod_vvisit_counterAll6215115