Events Calendar

« < April 2024 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Login Publisher



Who's Online

We have 847 guests online
Welcome to ASOHI
GPMT PERKIRAKAN INDUSTRI PAKAN TAHUN DEPAN TUMBUH 5 PERSEN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:22
BEKASI, Selasa 21 November 2023. Bertempat di Ballroom Peony, Avenzel Hotel Cibubur Bekasi Jawa Barat, ASOHI menggelar Seminar Nasional Outlook Bisnis Peternakan 2024. Seminar nasional ini merupakan agenda rutin tahunan ASOHI, yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2014. Tahun ini seminar mengangkat tema "Potret Bisnis Peternakan di Tahun Politik".
 
Bertindak sebagai salah satu pembicara adalah Ketua Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT), DR Desianto Budi Utomo. Menurut Desianto, industri pakan nasional diperkirakan akan tumbuh sekitar 5% pada 2024 mendatang. 
 
Melalui kalkulasinya, Desianto menyebutkan pertumbuhan produksi tersebut mencapai 19 juta ton dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 18 juta ton. Ia juga menjelaskan beberapa faktor yang mendasari estimasi pertumbuhan tersebut di antaranya pada 2024 mendatang merupakan tahun politik yang diharapkan tumbuhnya ekonomi masyarakat dan banyaknya program pemerintah yang akan disalurkan kepada masyarakat, termasuk produk protein hewani.
Read more...
 
ASOHI GELAR RAPAT VIRTUAL BAHAS REVISI UU NO. 41/2014 TENTANG PKH PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:20
JAKARTA, 4 Desember 2023. Manfaatkan fasilitas zoom meeting, Pengurus ASOHI Pusat menggelar rapat virtual membahas masukan revisi UU No. 41 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. 
 
Rapat ini diikuti oleh Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari, Sekjend Drh Forlin Tinora, Wakil Ketua 1 Ir Teddy Candinegara, Sekretaris Badan Pengawas ASOHI Ir Bambang Suharno, Anggota Badan Pengawas ASOHI Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD, dan Anggota Dewan Pakar ASOHI Drh Widarto MP. 
 
Secara garis besar masukan dari ASOHI terdapat dalam Pasal 21, 51 dan 54. Dalam UU PKH No. 18/2014 Pasal 22 ayat 4 poin (c) tertulis “Setiap orang dilarang: menggunakan pakan yang dicampur hormon tertentu dan/atau antibiotik imbuhan pakan”. 
 
ASOHI mengusulkan kalimat tersebut diubah menjadi “Setiap orang dilarang: Menggunakan pakan yang mengandung obat-obatan atau bahan lainnya yang membahayakan kesehatan manusia, hewan dan lingkungan”. Hal ini penting dilakukan agar kalimat tersebut tidak terlalu teknis karena akan masih berkembang dari waktu ke waktu.
Read more...
 
ASOHI HADIRI SEMINAR AMR YANG DIGELAR PDHI-FAVA-FAO PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:15
JAKARTA, Senin 4 Desember 2023. Bertempat di Hotel Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta, PB PDHI bekerjasama dengan FAVA dan FAO RAP mengadakan kegiatan Seminar “The Importance of Proper Test Sample Delivery for Detecting Antimicrobial Resistance: Methods, Challenges, and Solutions.” Seminar ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan serta upaya menghadapi munculnya resistensi antimikroba.
 
Seperti diketahui resistensi antimikroba (AMR) merupakan masalah serius di bidang kesehatan, baik pada kesehatan manusia, hewan maupun lingkungan karena mempengaruhi efektivitas pengobatan penyakit menular akibat penggunaan antimikroba yang tidak bijaksana dan bertanggung jawab. Dokter Hewan merupakan salah satu pihak yang berperan penting dalam program pengendalian resistensi antimikroba ini.
 
Pada kesempatan ini turut hadir dan berpartisipasi Pengurus ASOHI Pusat yang diwakili oleh Drh Rachmat Ayu Dewi Haryati anggota Sub Bidang Antar Lembaga Khusus AMR. 
Read more...
 
ASOHI RIAU GELAR CSR RAYAKAN HUT ASOHI KE-44 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:07
PEKANBARU, Rabu 29 November 2023. Dalam rangka perayaan HUT ASOHI ke-44, Pengurus ASOHI Daerah Riau yang diketuai Drh Musran Hidayatullah melaksanakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa pembagian paket makanan dengan menu nasi, daging ayam dan telur rebus.
 
Sebanyak 200 paket nasi ayam dan telur dibagikan kepada siswa-siswi dan guru SDIT Arsyad Islamic School (AIS) Kota Pekanbaru. Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SDIT AIS Bapak Ahmad Azwir Yakop SPd, yang kemudian dilanjutkan dengan Ceramah Tentang Gizi Ayam dan Telur oleh Ustadz Rizal Hamdani Nst. Ketua ASOHI Riau Drh. Musran Hidayatullah juga turut memberikan ceramah singkat tentang pentingnya pencegahan stunting pada usia dini. Dalam kegiatan ini juga diadakan Quiz untuk anak-anak SDIT AIS.
 
Menurut Musran, konsumsi protein hewani seperti daging dan telur ayam sangat berguna menunjang pertumbuhan dan kecerdasan. 
Read more...
 
MEDION BERIKAN NILAI TAMBAH KEPADA PETERNAK LEWAT DIKLAT KE-218 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 10:56
PADALARANG, 21-22 November 2023. Medion kembali mengadakan Diklat ke-218 yang diikuti oleh 51 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Lombok, Payakumbuh, Tasikmalaya, Cirebon, Purwokerto, Sidrap, Kupang, Magelang, Sukabumi, Klaten, dan lainnya. Diselenggarakan di pabrik Medion Cimareme, Padalarang, Bandung. Diklat merupakan program edukasi rutin yang Medion berikan kepada pelanggannya. Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan namun terdapat pula pelatihan atau praktik secara langsung tentang cara mengidentifikasi penyakit pada ayam.
 
Hari pertama, para peserta diajak untuk lebih mengenal Medion lewat penyampaian company profile. Kemudian, pemaparan materi yang disampaikan oleh tim ahli Medion (Technical Education & Consultant) dan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama mengenai manajemen layer di fase produksi dan sesi kedua mengenal tanda-tanda klinis pada ayam yang sakit. Dilanjutkan dengan plant tour ke area produksi Pharmaceutical Product (PP) dan Plastic & Printing (P&P) Medion. Peserta tampak antusias karena dapat melihat langsung proses produksi produk Medion yang telah terjamin kualitasnya dari awal hingga jadi.
Read more...
 
SUB BIDANG OBAT IKAN BAHAS RENCANA AUDIENSI KE KKP PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:17
JAKARTA, Kamis 30 November 2023. Bertempat di Kantor ASOHI Jagakarsa, Pengurus ASOHI Pusat Sub Bidang Obat Ikan menggelar rapat  yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 Ir Teddy Candinegara. Rapat ini juga diikuti oleh Ketua Sub Bidang Obat Ikan Ir Abung Simanjuntak dan Anggota Sub Bidang Obat Ikan Drh Salman Haris Fuadi. 
 
Dalam rapat ini dibahas rencana audiensi ASOHI dengan Direktur Pakan dan Obat Ikan, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Bapak Ujang Komarudin. Beberapa agenda dari audiensi ini diantaranya Perkenalan dengan pengurus ASOHI, Kolaborasi kepatuhan mengikuti aturan KKP terhadap anggota ASOHI, dan Penyampaian masalah dalam hal registrasi obat  ikan. 
 
Seperti diketahui setiap peredaran pakan ikan dan obat ikan harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan registrasi dari KKP dalam hal ini Ditjen Perikanan Budidaya. Selain itu, peredaran berbagai jenis produk itu harus mengantongi pula sertifikat Cara Pembuatan Pakan Ikan Yang Baik (CPPIB) atau Cara Pembuatan Obat Ikan yang Baik (CPOIB). Semua hal tersebut, juga dalam rangka menjamin mutu produk dan pada akhirnya ada keterjaminan keamanan pangan bagi produk hasil budidaya. 
Read more...
 
ASOHI JADI NARASUMBER SEMINAR BIMTEK MEDIA PEMBAWA LAIN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:10
BEKASI, Selasa 5 Desember 2023. Bertempat di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP) Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi, telah diselenggarakan Bimbingan Teknis Media Pembawa Lain (MPL) yang dihelat oleh Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian. 
 
Peningkatan kualitas teknis sumber daya manusia salah satunya dilakukan dengan transfer pengetahuan dan teknologi terkini melalui bimbingan teknis. Sejalan dengan kebijakan Badan Karantina Indonesia, BUTTMKP menyelenggarakan Bimbingan Teknis Media Pembawa Lain (MPL). Peserta bimbingan teknis tersebut adalah Dokter Hewan Karantina dari 26 Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Indonesia, yang diselenggarakan pada tanggal 4-9 Desember 2023.
 
Hadir sebagai salah satu narasumber dalam seminar ini mewakili Pengurus Pusat ASOHI adalah Wakil Ketua 2 ASOHI Drh Andi Wijanarko. Pada kesempatan ini Andi memabawakan makalah berjudul Ekspor dan Impor Bahan Biologi. 
Read more...
 
GAPUSPINDO MUNAS DI TENGAH KEPRIHATINAN BISNIS SAPI POTONG PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 11:04
JAKARTA, 6 Desember 2023. Usaha sapi potong selama tiga tahun terakhir cukup memprihatinkan. Hal tersebut diungkapkan Tri Nugrahwanto Ketua Tim Pengarah Munas dalam Musyawarah Nasional III Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) dengan tajuk “Industri Sapi Potong Menyongsong Indonesia Emas 2045” di Oakwood Hotel & Apartment, Taman Mini. Munas tersebut dihadiri oleh 25 anggota dari 27 anggota Gapuspindo.
 
Dengan kondisi yang memprihatinan, maka ia tuturkan Munas III ini dilakukan tidak seperti Munas-Munas sebelumnya. “Dengan kata lain Munas III ini dilakukan sangat sederhana dan penuh keprihatinan. Namun demikian, acara ini tidak mengurangi makna dan tujuan Munas yang diamanat dalam AD/ART Gapuspindo,” ujarnya.
 
Lanjut Tri, hanya keprihatinan tersebut masih memberikan harapan bagi industri penggemukan sapi potong, dimana harapan tersebut memberikan optimistisme bagi pelaku usaha sapi potong dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Sedangkan, Munas III diadakan di kota Jakarta agar berharap para peserta lebih fokus membahas dan memikirkan keberlanjutan kegiatan dan program asosiasi Periode 2023-2027.
Read more...
 
BEC FEED DAN BIG DUTCHMAN GELAR SEMINAR LAYER SOLUTIONS DAY PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 10:52
TANGERANG, Selasa 14 November 2023. Beternak ayam ras petelur bisa menjadi menguntungkan apabila dilakukan dengan baik. Berbagai tantangan dalam budi daya ayam ras petelur kian berdatangan mengikuti perkembangan zaman. Untuk menanganinya, tentu harus dihadapi dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini. 
 
Hal ini mengemuka pada seminar Layer Solutions Day (LSD) yang dilaksanakan atas kolaborasi antara PT Big Dutchman Agriculture Indonesia, Hendrix Genetics, dan PT BEC Feed Solutions Indonesia, yang bertempat di Swiss-Belhotel Serpong, Tangerang.
 
Ilmu pengetahuan selalu mengalami perkembangan. Para pelaku industri pun harus mengadopsinya guna menghasilkan produk yang tepat sasaran, tak terkecuali pada industri perunggasan, khususnya pada layer. Begitu kata Eric Borren selaku Managing Director of PT Big Dutchman Agriculture Indonesia pada pembukaannya. 
 
Menurutnya, belajar akan ilmu baru adalah kunci awal untuk mendapatkan kesuksesan. Dalam konteks ini, seminar LSD diharapkan dapat memberikan jawaban dari tantangan-tantangan di peternakan ayam ras petelur saat ini.
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 7 of 229

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Polls

Apakah sebaiknya Situs ASOHI diperuntukkan
 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1003
mod_vvisit_counterYesterday2379
mod_vvisit_counterThis week12344
mod_vvisit_counterThis month33261
mod_vvisit_counterAll6215006