Events Calendar

« < April 2024 > »
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Login Publisher



Who's Online

We have 1065 guests online
Welcome to ASOHI
HADAPI EL NINO, MEDION BERIKAN EDUKASI PADA PETERNAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 10:48
BANDUNG, Sabtu, 18 November 2023. Memasuki penghujung tahun, Indonesia tengah dilanda fenomena El Nino yang berdampak secara signifikan dimana Indonesia mengalami kekeringan. Cuaca yang buruk dapat menyebabkan terjadinya stres pada hewan ternak, termasuk di dalamnya sapi. Akibatnya sapi mengalami penurunan berat badan dan produksi susu sapi pun menurun. Jika hal ini terus dibiarkan akan memberikan kerugian bagi peternak.
 
Menyadari pentingnya wawasan akan fenomena tersebut, Medion mengadakan program edukasi secara online bertajuk “Strategi Atasi Dampak El Nino pada Ternak”. Kegiatan diikuti oleh 132 peserta dari berbagai latar belakang, seperti dokter hewan, para medis veteriner hingga lembaga terkait lainnya. Menghadirkan dua ahli sebagai narasumber, yakni drh. Asep Rahmat Khaerudin, M.Pt., Ketua Ikatan Dokter Hewan Sapi Indonesia (IDHSI) dan apt. Retnoningtyas, S. Farm, Product Management Medion.
Read more...
 
HIPRA INDONESIA GELAR POULTRY IMMUNOLOGY CLASS SALMONELLOSIS 2023 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 10:44
BOGOR, Rabu 6 Desember 2023. Salmonellosis merupakan penyakit bakterial yang disebabkan oleh genus salmonella. Bakteri ini bersifat zoonosis yang tidak hanya menginfeksi hewan tetapi juga manusia. Pada usaha peternakan, terkhusus perunggasan, pengendalian serangan penyakit ini menjadi suatu hal yang sangat krusial. Mengingat, penyakit ini tidak hanya mengganggu produksi unggas, namun juga berbahaya bagi masyarakat yang mengonsumsinya. Di sisi lain, industri perunggasan Indonesia telah mulai melakukan ekspansi pasar ke luar negeri atau ekspor, sehingga langkah pengendalian salmonella ini menjadi sebuah keharusan.
 
Demikian yang menjadi latar belakang, PT Hipra Indonesia menggelar Poultry Immunology Class Salmonellosis 2023. Dalam acara ini dibahas secara mendalam berbagai hal terkait salmonellosis dengan menghadirkan para pakar di bidangnya. Subsidiary Business Manager Hipra Indonesia, drh. Franky Sihotang menyampaikan bahwa acara ini merupakan seri yang pertama dari Hipra Indonesia. dan kedepannya diharapkan acara ini dapat berjalan secara berkelanjutan setiap tahun.
 
“Saya berharap acara ini bisa menjadi gambaran bagaimana perkembangan salmonella baik di Indonesia maupun di dunia. Pasalnya persoalan ini menjadi isu hangat yang tengah menjadi pembahasan, dimana tidak hanya berkaitan dengan kita di perunggasan, namun juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Semoga kita bisa update ilmu dan pelajaran yang berharga,” harap Franky dalam sambutannya.
Read more...
 
MENTAN GENJOT PRODUKTIVITAS SEMEN BEKU TINGKATKAN POPULASI TERNAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 10:33
MALANG, Kamis 22 November 2023. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Badan Layanan Umum Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Malang, Jawa Timur untuk mendorong peningkatan produktivitas semen beku ternak. Sehingga populasi ternak Indonesia dan susu semakin bertambah dan mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.
 
Dalam kunker ini Mentan meninjau pejantan-pejantan unggul sapi dan kambing pilihan dan bersertifikat yang dioptimalkan spermanya menjadi semen beku guna peningkatan produktivitas ternak milik rakyat melalui pelaksaan Inseminasi Buatan (IB).
 
"Kami minta BBIB Singosari ini untuk dapat meningkatkan produksi semen bekunya, agar bisa dimanfaatkan peternak-peternak seluruh Indonesia. Sehingga populasi meningkat dan mendorong produksi daging dan susu di Indonesia. Kita lihat ada potensi besar disini," demikian kata Amran.
Read more...
 
SEMINAR NASIONAL OUTLOOK BISNIS PETERNAKAN 2024 ASOHI SUKSES DIGELAR PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 30 November 2023 11:32
BEKASI, Selasa 21 November 2023. Bertempat di Ballroom Peony, Avenzel Hotel Cibubur Bekasi Jawa Barat, ASOHI menggelar Seminar Nasional Outlook Bisnis Peternakan 2024. Seminar nasional ini merupakan agenda rutin tahunan ASOHI, yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2014. 
 
Tahun ini seminar mengangkat tema "Potret Bisnis Peternakan di Tahun Politik". Seminar ini diharapkan menjadi referensi penting bagi kalangan pelaku usaha peternakan dalam menyusun rencana dan melakukan evaluasi bisnis. Tahun politik diperkirakan akan berdampak pada dinamika kebijakan yang turut memengaruhi perkembangan ekonomi masyarakat termasuk bidang peternakan.
 
"Tahun depan tantangannya pasti lebih menarik, karena selain situasi global, kita juga menghadapi situasi politik. Akan sangat challenging," kata Ketua Umum ASOHI, Drh Irawati Fari. "Kita harapkan pemilu bisa berjalan sukses dan perekonomian kita positif. Intinya harapan kita semua tahun depan industri peternakan akan lebih baik."
 
Harapan senada juga disampaikan oleh Drh Budi Angkasa, yang hadir mewakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Ia juga harapkan ekspor dan investasi di bidang peternakan bisa meningkat.
 
Read more...
 
PERUBAHAN DAN PENAMBAHAN SUSUNAN PENGURUS PUSAT ASOHI PERIODE 2021-2025 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 30 November 2023 11:24
JAKARTA, Selasa 7 November 2023. Melalui surat resmi Keputusan Ketua Umum ASOHI dengan No. Kp. 004/XI/ASOHI/2023, Drh Irawati Fari selaku Ketua Umum ASOHI menetapkan Perubahan dan Penambahan Susunan Badan Pengurus ASOHI Pusat periode 2021- 2025. 
 
Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan hasil keputusan Musyawarah Nasional (MUNAS) VIII ASOHI tanggal 26 Oktober 2021, bahwa Ketua Umum ASOHI terpilih diwajibkan melengkapi susunan Badan Pengurus periode 2021-2025. Sekaligus sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 11 Anggaran Dasar ASOHI tahun 2021 dan Pasal 12 Anggaran Rumah Tangga ASOHI tahun 2021. Maka dipandang perlu mengeluarkan Surat Keputusan Ketua Umum ASOHI tentang Perubahan dan Penambahan Susunan Badan Pengurus ASOHI Pusat periode 2021- 2025.
 
Langkah ini merupakan bagian dalam Program Kerja ASOHI tahun 2021-2025 yang salah satunya adalah penyempurnaan Kepengurusan ASOHI Pusat periode 2021-2025. Dan juga merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Pengurus Inti tanggal 27 September 2023 dan Rapat Pengurus Inti tanggal 3 November 2023 tentang finalisasi penyempurnaan Susunan Pengurus ASOHI Pusat 2021-2025. 
 
Dalam surat ini diputuskan dan ditetapkan Perubahan dan Penambahan Susunan Badan Pengurus ASOHI Pusat periode 2021- 2025 sebagaimana tersebut dalam lampiran keputusan ini. Selain itu dalam melaksanakan tugasnya, pengurus ASOHI wajib berpegang teguh pada AD/ART ASOHI, Kode Etik ASOHI, Rekomendasi hasil MUNAS VIII ASOHI dan Program Kerja ASOHI tahun 2021-2025. Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan catatan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
 
Salinan Keputusan ini telah disampaikan kepada Ketua Badan Pengawas ASOHI Periode 2021-2025 dan Badan Pengurus Periode 2021-2025. Perubahan dan Penambahan Susunan Badan Pengurus ASOHI Pusat periode 2021- 2025 adalah sebagai berikut. Selamat bertugas! (WK)
 
KEMENTAN SASAR PASAR HALAL PRODUK PETERNAKAN JEPANG PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 18 December 2023 10:37
JAKARTA, Sabtu 9 Desember 2023. Dalam rangka akselerasi peningkatan ekspor, Kementerian Pertanian menggandeng para pelaku usaha di bidang produk unggas dan pakan ternak untuk menggarap pasar halal di Jepang. Hal tersebut disampaikan oleh Nasrullah, Direktur  Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui keterangan tertulisnya.
 
Nasrullah mengatakan, produk peternakan Indonesia untuk olahan daging ayam sudah masuk ke Jepang sejak tahun 2017.  “Saat ini sudah ada 5 unit usaha produk olahan daging ayam dari Indonesia yang sudah disetujui masuk ke Jepang dan masih ada yang sedang dalam proses persetujuan negara,” kata Nasrullah. 
 
Namun menurutnya, ekspor dari Indonesia masih harus ditingkatkan lagi dengan memanfaatkan peluang pasar halal untuk memenuhi kebutuhan muslim di Jepang, termasuk orang Indonesia yang tinggal di negara tersebut. “Saat ini, buyer kita baru satu, yaitu Sari Raya Group sehingga kita perlu menambah lagi untuk dapat meningkatkan volume ekspor,” terang Narullah. 
Read more...
 
KINERJA EKONOMI 2024 MELAMBAT, NAMUN PETERNAKAN INDONESIA TETAP OPTIMIS PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 30 November 2023 11:41
BEKASI, Selasa 21 November 2023. Situasi ekonomi global tahun 2023 diprediksi melambat karena permintaan dunia yang belum pulih. Ekonomi negara maju hanya tumbuh 1,5%, AS 1,8%; EU 0,9%; China dan India masing-masing 5,2%  dan 6,1% mengutip sumber dari laporan IMF 2023.  
 
Demikian disampaikan pakar ekonomi dunia Dr Aviliani yang menjadi salah satu narasumber dalam gelaran Seminar Nasional Outlook Bisnis Peternakan 2024 yang diselenggarakan ASOHI di Ballroom Peony, Avenzel Hotel Cibubur. 
 
Ia juga melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal 3 tahun 2023 melambat dari bulan sebelumnya yaitu tumbuh 4,94%. Tumbuh positif namun mengalami perlambatan. 
 
Beberapa tantangan sektor peternakan salah satunya adalah soal fluktuasi harga yang disebabkan supply yang melebihi demand. Namun Aviliani melihat ini sebagai peluang khususnya untuk menyukseskan program Pemerintah dengan meningkatkan penggunaan produk peternakan untuk menekan kasus stunting dan kampanye gizi.  
 
Read more...
 
TIM KECIL ASOHI BAHAS POTRET BISNIS 2023 DAN PROYEKSI BISNIS OBAT HEWAN 2024 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 30 November 2023 11:28
JAKARTA, Kamis 16 November 2023. Memanfaatkan fasilitas zoom meeting, Pengurus ASOHI Pusat menggelar rapat virtual khusus dalam rangka persiapan Seminar Nasional Outlook Bisnis Peternakan 2024. Tujuan rapat ini untuk membentuk Tim Kecil ASOHI yang bertugas menghitung dan merumuskan Potret Bisnis Industri Obat Hewan tahun 2023 serta membuat Proyeksi Bisnis Obat Hewan di tahun 2024. 
 
Rapat ini diikuti oleh anggota Tim Kecil tersebut yang terdiri terdiri dari Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari, Sekjend ASOHI Drh Forlin Tinora, Wakil Ketua 1 Ir Teddy Candinegara, Wakil Ketua 2 Drh Andi Wijanarko, Anggota Bidang Hubungan Luar Negeri Drh Wilson, Ketua Bidang Antar Lembaga Drh Harris Priyadi, Sekretaris Badan Pengawas ASOHI Ir Bambang Suharno, dan Ketua Sub Bidang Produsen Drh Sugiyono. 
 
Dari rapat ini terlihat gambaran industri obat hewan 2023 dimana produksi peternakan menurun atau terjadi efisiensi yang menyebabkan pasar obat hewan juga menurun (produksi ternak menurun, harga beberapa produk obat hewan terjadi penyesuaian). Namun begitu ada juga peningkatan dari beberapa jenis produk kategori seperti produk biosecurity, immunomodulatory, dan produk alternatif antibiotika. Tahun 2023 pertumbuhan paling menonjol  ada di sektor hewan kesayangan yang juga diikuti peredaran obat hewan ilegal yang masih belum terkendali.
 
Read more...
 
BADAN PENGURUS PUSAT ASOHI PERIODE 2021-2025 GELAR RAPAT PLENO KETIGA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 30 November 2023 11:13
JAKARTA, Selasa 7 November 2023. Bertempat di Kantor ASOHI Jagakarsa, telah diselenggarakan Rapat Pleno Badan Pengurus Pusat ASOHI Periode 2021-2025. Rapat Pleno ini merupakan rapat Pleno ke-3 untuk Pengurus Pusat ASOHI Periode 2021-2025, setelah sebelumnya penyelenggaraan Rapat Pleno I pada 9 Desember 2021 dan Rapat Pleno II pada 17 November 2022. 
 
Menurut Sekjend ASOHI Drh Forlin Tinora yang membuka dan memandu rapat, Rapat Pleno III ini mengangkat tema utama Evaluasi Program Kerja tahun 2023 dan Program Kerja 2024. Rapat diikuti oleh segenap Pengurus Pusat ASOHI Periode 2021-2025. 
 
Arahan Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari pada presentasi pertama memberikan laporan hingga kwartal 4 tahun 2023, Program Kerja 2022 yang masih dalam proses dan penyelesaian di 2023 diantaranya penertiban konsolidasi dan pengkinian data anggota ASOHI Pusat dan Daerah. Selain itu menjalankan Rekomendasi BPA 2023 yaitu penyempurnaan Badan Pengurus yang masih belum terisi/dirangkap. Beberapa posisi sudah terisi dan perubahan tanggung jawab sudah di SK-kan per 7 November 2023. Beberapa posisi yang masih harus diisi diantaranya posisi Wakil Sekjend dan Wakil Ketua Bidang-Bidang Organisasi. 
 
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 8 of 229

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Polls

Apakah sebaiknya Situs ASOHI diperuntukkan
 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1094
mod_vvisit_counterYesterday2379
mod_vvisit_counterThis week12435
mod_vvisit_counterThis month33352
mod_vvisit_counterAll6215097