PENGGIAT KOMUNIKASI SE-ASEAN BAHAS ANCAMAN AMR PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 20 August 2018 15:28
YOGYAKARTA, 8 Agustus 2018. Penggiat komunikasi Kementerian Pertanian dari negara-negara ASEAN beserta pakar dari FAO berkumpul di Yogyakarta selama empat hari dari 7-10 Agustus 2018. Pertemuan ASEAN Communication Group on Livestock (ACGL) yang keenam ini bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah komunikasi yang tepat dalam menyampaikan bahaya resistensi antibiotik dan peran serta masyarakat dalam mencegahnya.
 
Resistensi Antimikroba (AMR) termasuk antibiotik baru-baru ini diidentifikasi sebagai ancaman baru bagi kesehatan masyarakat, hewan dan lingkungan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru-baru ini mengakui bahwa AMR adalah masalah global bagi kesehatan masyarakat dan hewan yang utama, serta mendesak semua negara untuk memprioritaskan pengendaliannya.
 
Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Drh Fadjar Sumping Tjatur Rasa, menyampaikan, AMR adalah masalah lintas sektor yang memerlukan pendekatan multi-sektoral untuk penanganannya. Menurutnya, saat ini sudah terlihat adanya peningkatan kesadaran masyarakat dan peningkatan kapasitas teknis di kesehatan masyarakat, namun untuk sektor kesehatan hewan masih sedikit tertinggal.
 
Dalam pertemuan ini dirumuskan berbagai kegiatan komunikasi dan pesan kunci terkait AMR. "Strategi komunikasi dan advokasi resistensi antimikroba tingkat regional yang telah sepakati oleh para menteri pertanian se-Asia Tenggara merupakan pedoman bagi semua negara anggota ASEAN untuk memberi arah yang tepat dalam pelaksanaan kerangka kerja, serta untuk menyempurnakan dan mengembangkan kesadaran terkait AMR," tambah Pebi Purwo Suseno, Ketua Delegasi Indonesia pada pertemuan ini. (AF)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday289
mod_vvisit_counterYesterday369
mod_vvisit_counterThis week289
mod_vvisit_counterThis month4896
mod_vvisit_counterAll1929952