KEMENTAN: HEWAN KURBAN HARUS SEHAT DAN DAGINGNYA HIGIENIS PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 20 August 2018 15:55
JAKARTA, Jumat 3 Agustus 2018. Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita, mengatakan, hewan kurban harus sehat dan dagingnya juga higienis. Hal tersebut Ia sampaikan pada acara Public Awarness Pemotongan Hewan Kurban 1439 H yang dilaksanakan di Sentra Pemotongan Hewan Kurban Al Azhar, Jakarta Timur, yang dilaksanakan atas kerjasama antara Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan Pemerintah DKI Jakarta.
 
Acara yang diikuti oleh DKM dan ibu-ibu PKK se-DKI Jakarta ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta. 
 
Menurut Ketut, Kementerian Pertanian telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian No. 114/2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban. Peraturan ini mengatur: (a) Persyaratan minimal tempat penjualan hewan kurban, pengangkutan, kandang penampungan dan tempat pemotongan hewan kurban. (b) Tata cara penyembelihan hewan kurban dan distribusi daging kurban sesuai aspek teknis dan syariat Islam. 
 
Ketut menyebutkan, fokus utama Kementan dalam pengawasan pemotongan hewan kurban meliputi: (a) Kesehatan hewan kurban untuk menjamin hewan kurban bebas penyakit zoonosis (dapat menular dari hewan ke manusia). (b) Proses penyembelihan hewan kurban untuk menjamin pemenuhan syariat Islam dan kesejahteraan hewan. (c) Distribusi daging hewan kurban kepada Mustahiq untuk menjamin pemenuhan persyaratan higiene sanitasi dan keamanan pangan.
 
"Daging Hewan Kurban harus memenuhi persyaratan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” kata Ketut.
 
Pada kesempatan tersebut, Ketut mengatakan, kebutuhan hewan kurban untuk 2018 diprediksi sebanyak 1.504.588 ekor, naik sekitar 5% dari pemotongan hewan kurban tahun 2017. Kebutuhan hewan kurban tersebut terdiri dari sapi sebanyak 462.339 ekor, kerbau sebanyak 10.344 ekor, kambing sebanyak 793.052 ekor dan domba sebanyak 238.853 ekor. (AF)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday292
mod_vvisit_counterYesterday369
mod_vvisit_counterThis week292
mod_vvisit_counterThis month4899
mod_vvisit_counterAll1929955