MENDES AJAK PEMBIBIT UNGGAS GABUNG PRUKADES PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 20 August 2018 16:03
JAKARTA, Kamis 26 Juli 2018. Revolusi Industri 4.0 membuat perubahan dalam dunia usaha terjadi lebih cepat. Untuk bisa terus mengikuti perubahan tersebut, harus mampu menangkap peluang dengan cepat dan terus berinovasi, tak terkecuali pengusaha pembibitan unggas yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Pembibitan Unggas (GPPU).
 
"GPPU juga pasti bisa menghadapi perubahan asal punya bisnis model yang jelas. Saya ajak GPPU untuk masuk di peluang-peluang model Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, saat menjadi narasumber pada seminar dalam rangka Kongres XII GPPU di TMII, Jakarta.
 
Menurut Eko, bisnis model Prukades ini dapat menghasilkan tenaga kerja di desa. Dirinya mengasumsikan jika angkatan kerja di desa bisa menghasilkan Rp 2 juta saja, maka dalam satu bulan akan ada Rp 2 Triliun. Jika Rp 1.000 Triliun dalam satu bulan maka akan tercipta Rp 12.000 Triliun dalam satu tahun.
 
"Silahkan GPPU kalau masuk buat model kemitraan, bikin rumah potong, bikin desa wisata yang menawarkan makan ayam. Kerja sama juga dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk bikin kafe-kafe di tengah sawah seperti di Pujon Kidul, bikin desa wisata dengan menu makan ayam, wisata ayam dst. akan meningkatkan konsumsi ayam. Manfaatkan kesempatan pembangunan di desa," katanya.
 
Kemendes PDTT menekankan pentingnya pelaku usaha unggas agar bisa menanggapi perubahan dengan cepat di era sekarang ini. Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian, Sugiono mengatakan bahwa GPPU adalah salah satu pejuang protein hewani asal unggas di Indonesia. Dia pun tak segan menunjukkan keberpihakan kepada peternak.
 
Sugiono menambahkan bahwa hasil audit oleh tim asistensi menghasilkan angka populasi grand parent stock (GPS) sebesar 799 ribuan ekor. Hasil audit itu menunjukkan status surplus dan membuktikan isu penyakit unggas salah. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday289
mod_vvisit_counterYesterday369
mod_vvisit_counterThis week289
mod_vvisit_counterThis month4896
mod_vvisit_counterAll1929952