ASOHI HADIRI FORUM KOORDINASI PERKARANTINAAN BERSAMA NEGARA MITRA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 20 August 2018 16:13
BOGOR, Kamis 26 Juli 2018. Bertempat di Hotel Salak The Heritage Bogor telah dilangsungkan Forum Koordinasi Perkarantinaan Bersama Negara Mitra yang dihelat oleh Badan Karantina Pertanian. Pertemuan ini mengangkat "Pemenuhan Aspek Perkarantinaan Dalam memperlancar Perdagangan Hewan dan Produk Hewan Antara Indonesia dengan Negara Mitra."
 
Latar belakang diadakannya pertemuan ini karena semakin meningkatnya perdagangan antara Indonesia dengan negara mitra terkait lalulintas perdagangan hewan yang tidak menutup kemungkinan terjadinya hambatan dan permasalahan terkait perkarantinaan.
 
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini sejak 25-27 Juli 2018 diikuti oleh berbagai asosiasi diantaranya ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) yang pada kesempatan ini diwakili anggota perusahaan eksportir Bpk. Stefanus.
 
Pada kesempatan ini ASOHI menyampaikan perihal pemberlakuan tindakan karantina untuk obat hewan, padahal kalau merujuk pada undang-undang hanya produk biologik saja yang seharusnya dikenakan tindakan karantina. Tim Karantina mengakui kejanggalan hal ini dan mengaku untuk mengatasi hal ini aturannya tengah dalam proses revisi, sehingga memang hanya produk biologik yang harus melalui tindakan karantina.
 
Selain itu eksportir juga mengeluhkan perihal proses administrasi yang memakan waktu lama di negara tujuan ekspor yang mencapai 3-5 tahun dengan rata-rata sampai dua tahun untuk setiap produk.
 
Hal lain yang sempat mengemuka juga tentang site inspection oleh negara tujuan. "Kami mengharapkan hal ini bisa lebih disederhanakan tidak per-negara. Mungkin approval bisa per-regional," pungkas Stefanus. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday292
mod_vvisit_counterYesterday369
mod_vvisit_counterThis week292
mod_vvisit_counterThis month4899
mod_vvisit_counterAll1929955