BULOG DATANGKAN 73 RIBU TON JAGUNG IMPOR PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 23 January 2019 16:57
JAKARTA, Rabu 19 Desember 2018. Perum Bulog menyatakan realisasi impor jagung yang didatangkan Bulog dari Brazil dan Argentina hingga Desember ini baru sampai sekitar 73 ribu ton. Jumlah tersebut baru mencakup 73% dari total alokasi impor yang diberikan pemerintah sebesar 100 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan industri peternakan kecil.
 
Direktur Pengadaan Bulog Bachtiar mengatakan jagung impor sudah tiba di Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Teluk Lamong. "Kami langsung serahkan ke peternak segera dengan harga Rp 4 ribu per kilogram di gudang," kata Bachtiar di Jakarta, Rabu (19/12) malam.
 
Selain itu, Bulog juga menyatakan telah sudah mengembalikan jagung yang dipinjam dari Charoen Pokphand dan Japfa sebanyak 6.500 ton untuk mengantisipasi permintaan bahan baku pakan oleh peternak mandiri agar tak menunggu terlalu lama.
 
Adapun sisa realisasi impor sebesar 27 ribu ton bakal menyusul pada pertengahan Januari 2019. "Pasti kami realisasikan semua, tidak ada masalah datangnya nanti," ujarnya.
 
Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku telah mendapatkan laporan realisasi impor jagung dari Bulog.
 
Menteri Pertanian Amran Sulaiman menekankan bakal mengalokasikan jagung impor untuk peternak mandiri dan mengupayakan agar jagung impor tidak bertambah lebih banyak lagi. "Mulai bulan Januari kan akan ada panen," kata Amran.
 
Tahun 2018, Kementerian Pertanian mengklaim produksi jagung sebesar 28,48 juta ton dengan kebutuhan hanya 15,5 juta ton. Alhasil, terjadi surplus yang mencapai 12,98 juta ton. Namun, hal tersebut tak sejalan dengan harga jagung yang justru naik mencapai Rp 5 ribu per kilogram, di atas harga acuan sebesar Rp 4 ribu kilogram. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday63
mod_vvisit_counterYesterday225
mod_vvisit_counterThis week1680
mod_vvisit_counterThis month4230
mod_vvisit_counterAll1996192