SOSIALISASI BPOM SOAL PENGELOLAAN BAHAN OBAT DAN BAHAN OBAT HEWAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 January 2019 08:29
JAKARTA, Selasa 18 Desember 2018. Bertempat di Hotel Lumire Jakarta Pusat telah diselenggarakan Sosialisasi Implementasi Peraturan terkait Pengelolaan Bahan Obat dan Bahan Obat Hewan yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.
 
Acara ini dihadiri pimpinan atau penanggung jawab dari asosiasi pengusaha di bidang distribusi obat dan obat hewan seperti ASOHI dan GPMT, pedagang besar farmasi, perusahaan importir obat hewan, serta feedmiller yang merangkap sebagai importir obat hewan. Pengurus ASOHI Nasioanl diwakili oleh Sekjen Drh Harris Priyadi dan Ketua Sub Bidang Produsen Drh H. Sugiyono.
 
Acara dibuka oleh Plt Deputi Bidang Pengawasan Obat dan NAPPZA BPOM RI Reri Indriani. Menurut Reri sosialisasi ini dilakukan karena banyaknya temuan penyalanggunaan bahan baku obat. "Kami menemukan banyak kasus ketidakpatuhan penyaluran dan pemakaian bahan baku obat (BBO) dan bahan baku obat hewan (BBOH) dengan melakukan switching antar keduanya," ungkap Reri Indriani.
 
Acara ini merupakan tindak lanjut dari dua program prioritas, yaitu Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang dicanangkan oleh Presiden RI pada Oktober 2017 lalu, serta kerja sama lintas sektor antara Menko PMK, Kementerian Kesehatan dan BPOM RI dalam program resistensi anti mikroba.
 
Dalam acara ini, BPOM menyampaikan langkah-langkah yang akan diambil guna mencegah penyalahgunaan obat. Reri menegaskan, BPOM dan Kementan akan meningkatkan ketentuan yang awalnya hanya melalui surat edaran menjadi peraturan yang lebih mengikat. Selanjutnya BPOM dan Kementerian Pertanian akan mempertegas perbedaan tugas dan fungsi dalam mencegah penyalahgunaan ini. Kementerian Pertanian akan memberikan rekomendasi atas BBOH, sementara BPOM berfokus pada bahan baku untuk pharmaceutical grade.
 
Reri juga memaparkan temuan penyalahgunaan antibiotik yang sudah masuk resistensi tahap awal. Penyalahgunaan juga ditemukan pada antibiotik yang harusnya menjadi lini ketiga pengobatan namun langsung dijadikan lini pertama. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday254
mod_vvisit_counterYesterday205
mod_vvisit_counterThis week2155
mod_vvisit_counterThis month4247
mod_vvisit_counterAll1953877