TAHUN 2018, ANGKA PEMOTONGAN SAPI BETINA PRODUKTIF DITEKAN HINGGA 47,10% PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 25 February 2019 14:11
BOGOR, 23-25 Januari 2019. Bertempat di Hotel Sahira Bogor telah dilangsungkan Rapat Koordinasi dan Advokasi Pengendalian Pemotongan Betina Produktif oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri. Dari pertemuan tersebut dilaporkan bahwa kerjasama dua institusi ini telah mampu menekan angka pemotongan betina produktif hingga mencapai 12.209 ekor pada 2018 secara nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Syamsul Ma’arif Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Ditjen PKH.
 
Menurut Syamsul Ma’arif, jumlah penurunan pemotongan betina produktif tersebut turun 47,10% jika dibandingkan dengan pemotongan pada 2017. Ia mengungkapkan, bahwa capaian ini cukup menggembirakan karena angka penurunannya telah jauh melampaui target yaitu penurunan sebesar 20% dari pemotongan betina produktif 2017. 
"Potensi ekonomi yang berhasil diselamatkan dari kegiatan pencegahan pemotongan betina produktif ini tidak kurang dari Rp 160 miliar," urainya. 
 
Syamsul Ma’arif menyampaikan, tren penurunan angka pemotongan betina produktif ini mulai terlihat pada semester II 2017, setelah dilakukan sosialisasi, pengawasaan dan pembinaan yang dilakukan oleh Tim terpadu. "Tim Terpadu ini terdiri dari personil dari pusat (Ditjen PKH Kementan), dinas yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan di daerah (provinsi dan kabupaten/kota) kerjasama dengan Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Kepolisian RI," ungkapnya.
 
Tahun 2017 kegiatan pengendalian betina produktif difokuskan pada 17 provinsi di 40 kabupaten/kota yang angka pemotongan betina produktifnya cukup tinggi. Tahun 2018 kegiatan ini dilaksanakan di 17 provinsi yang sama pada 41 kabupaten/kota target ditambah dengan sosialisasi di 17 provinsi lainnya.  
 
"Melihat progress penurunan pemotongan sapi/kerbau betina produktif yang cukup signifikan, maka pada 2019 ini kita akan lebih intensifkan lagi kegiatan dengan menambah lokasi target pengendalian," pungkas Syamsul Ma’arif. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1570
mod_vvisit_counterYesterday3308
mod_vvisit_counterThis week14807
mod_vvisit_counterThis month89261
mod_vvisit_counterAll6173149