TEMU KOORDINASI PENGAWASAN OBAT HEWAN JAWA TENGAH PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 22 March 2019 16:08
SEMARANG, 12 Maret 2019. Bertempat di Ungaran Semarang telah dilaksanakan Temu Koordinasi Pengawasan Obat Hewan yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Pertemuan ini diikuti oleh para Pengawas Obat Hewan se-Jawa Tengah. Hadir pula dalam kesempatan ini perwakilan dari Subdit POH Ditkeswan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI dan Sekretaris ASOHI Jateng Ir Agus Eko Sulistyo. 
 
Presentasi pertama diulas tentang “Peran Pengawas Obat Hewan dalam Implementasi Permentan No. 14/2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan”. Dimana yang paling disoroti dari permentan ini adalah Pelarangan Pengunaan Antibiotik dalam pakan. Dalam permentan tersebut diatur tentang Obat Hewan yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia dilarang digunakan pada ternak yang produknya untuk konsumsi manusia. 
 
Lebih lanjut, pelarangan penggunaan obat hewan terhadap ternak yang produknya untuk konsumsi manusia dimaksudkan untuk mencegah residu obat hewan, gangguan kesehatan manusia, antibiotik yang sulit didegradasi dari tubuh hewan target, efek hipersensitif, karsinogenik, mutagenik, dan teratogenik pada hewan dan/atau manusia, resistensi mikroba patogen dan antibiotik yang tidak ramah lingkungan. 
 
Namun dalam permentan ini juga diatur penggunaan antibiotik dalam pakan untuk tujuan terapi. Yaitu antibiotik dapat dicampur dalam pakan dengan dosis terapi dan lama pemakaian paling lama 7 hari. Dan ini pun harus sesuai dengan petunjuk dan dibawah pengawasan dokter Hewan. 
 
Oleh karenanya Pengawasan Obat Hewan harus menjunjung tinggi nilai-nilai Kompeten, Komitmen, Jujur, dan Bertanggungjawab.  Pengawasan dilakukan oleh Pengawas Obat Hewan Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota kepada perusahaan Importir, Produsen, Distributor, Pengemas Ulang Obat Hewan, Depo, Toko Obat Hewan, Petshop, Poultryshop, Feedmill, Selfmixer dan Peternak. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday314
mod_vvisit_counterThis week668
mod_vvisit_counterThis month7105
mod_vvisit_counterAll1983190