ASOHI-PDHI-AFKHI GELAR FGD BAHAS PERMENTAN NO. 3/2019 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 29 April 2019 16:25
JAKARTA, Kamis 11 April 2019. Bertempat di Kantor Sekretariat ASOHI Pasar Minggu telah diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh perwakilan ASOHI, PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) dan AFKHI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia). Pertemuan ini merupakan tindak lanjut hasil audiensi dan diskusi pada tanggal 1 April 2019 antara pihak Pemerintah dengan ketiga stakeholder terkait sosialisasi Permentan No. 3/2019.
 
Hadir dalam FGD ini diantaranya dari ASOHI yaitu Ketua Umum Drh Irawati Fari, Wakil Sekjen Drh Forlin Tinora, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Drh Andi  Wijanarko dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Drh Erwin Heriyanto. Dari AFKHI diwakili oleh Drh RP Agus Lelana MSi PhD dan dari PB PDHI hadir Ketua Umum PB PDHI Drh M Munawaroh didampingi Drh Suli Teruli.  
 
Adapun beberapa hasil dari FGD tersebut adalah diantaranya adalah sebagai revisi dari Permentan No. 2/2010 maka Permentan No. 3/2019 tidak dapat diimplementasikan bagi semua bentuk Pelayanan Medik Veteriner dari berbagai jenis pekerjaannya, contoh: Dokter Hewan yang bekerja di Industri Obat Hewan dan Pabrik Pakan Ternak, Dokter Hewan Peternakan dll. yang memiliki cakupan wilayah kerja yang bersifat lintas Kabupaten/Kota. Sebagai revisi dari Permentan No. 2/2010 maka Permentan No. 3/2019 tidak mengakomodasi Dokter Hewan yang bekerja sebagai Konsultan Kesehatan Hewan.
 
Ketiga organisasi ini juga sepakat sebagai turunan dari UU No. 18/2009 jo UU No. 41/2014 dan PP No. 3/2017 (Pasal 68), pengaturan terkait dengan wilayah kerja/Unit Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ambulatori yang ada di Permentan No. 3/2019 dirasakan tidak memenuhi harapan masyarakat karena sebaran jumlah dokter hewan yang melayani maupun dokter hewan yang menguasai bidang dimaksud tidak proporsional. Hal ini berdampak pada tidak tercapainya jaminan kesehatan hewan di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa masukan lain disampaikan secara tertulis kepada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. 
 
Dengan pertimbangan tersebut di atas, kami menyarankan agar Pemerintah segera melakukan revisi Permentan No. 3/2019 dengan melibatkan pihak AFKHI, PDHI, ASOHI dan masyarakat stakeholder lainnya sesuai Undang-Undang No. 12/2011. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday221
mod_vvisit_counterYesterday269
mod_vvisit_counterThis week802
mod_vvisit_counterThis month4179
mod_vvisit_counterAll1988568