ASOHI JADI NARASUMBER BIMTEK KARANTINA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 29 April 2019 16:36
BEKASI, 27 Maret 2019. Bertempat di Balai Uji Terap Tehnik dan Metode Karantina Pertanian Cikarang Barat Kab. Bekasi telah diselenggarakan Bimbingan Teknis Tindakan Karantina Hewan Terhadap Bahan Biologi dan Vektor yang diselenggarakan oleh Badan Karantina Pertanian. Acara ini diikuti oleh medik veteriner yang bekerja di unit pelaksana teknis lingku Badan Karantina Pertanian.
 
Bertindak sebagai salah satu narasumber adalah pengurus ASOHI Ketua Sub Bidang Eksportir Peter Yan yang didampingi oleh Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Drh Andi Wijanarko. 
 
Di hadapan para dokter hewan karantina, Peter memaparkan mengenai Proses Pembuatan Vaksin & Cold Chain Management. Materi tersebut memberikan wawasan pada dokter hewan mengenai praktek penanganan vaksin yang dilakukan oleh produsen vaksin hingga sampai dengan kondisi baik ke tangan konsumen, khususnya untuk pasar berorientasi ekspor. 
 
Sementara itu Drh Andi Wijanarko memberikan paparan yang membahas mengenai Material Safety Data Sheet (MSDS). Andi menjelaskan bahwa MSDS atau Material Safety Data Sheet adalah sebuah dokumen yang berisi informasi penting tentang produk barang kimia atau barang berbahaya.
 
"MSDS dalam istilah bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB). MSDS sangat penting dibaca oleh orang-orang yang akan berkecimpung dengan penanganan barang kimia dan barang berbahaya. Informasi yang ada dalam MSDS tersebut wajib diketahui oleh semua orang yang terlibat dalam proses pembuatan, penyimpanan, pengangkutan, pemakaian sampai dengan pembuangan limbahnya. Untuk itu perusahaan yang memproduksi wajib menyediakan MSDS dalam setiap barang yang diproduksinya," ujar Andi.
 
Beberapa informasi yang terdapat dalam MSDS adalah identitas bahan dan perusahaan, identifikasi bahaya, komposisi bahan, tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan, tindakan penanggulangan kebakaran, tindakan terhadap tumpahan dan kebocoran, penyimpanan dan penanganan bahan, pengendalian pemaparan dan perlindungan diri, sifat-sifat fisika dan kimia, reaktifitas dan stabilitas, informasi toksikologi, informasi ekologi dan lain sebagainya.
 
Informasi tersebut tentunya dibutuhkan pihak otoritas Bea Cukai dan Karantina, khususnya dalam melakukan penelitian terhadap barang larangan dan pembatasan. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday221
mod_vvisit_counterYesterday269
mod_vvisit_counterThis week802
mod_vvisit_counterThis month4179
mod_vvisit_counterAll1988568