STAKEHOLDER CONSULTATION WORKSHOP PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 28 June 2019 11:30
JAKARTA, 27-28 Mei 2019. Bertempat di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, telah dilaksanakan Stakeholder Consultation Workshop on Development of National Action Plan on AMR 2020-2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia WHO (World Health Organization). 
 
Workshop melibatkan seluruh stakeholder mulai dari perwakilan Menko Bidang Perekonomian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian LHK, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan Perikanan, BPOM dan banyak lagi lainnya. 
 
Sementara peserta dari organisasi profesi diantaranya PDHI, ADHPI, IDI, GP Farmasi, IAI, PDGI, dll. Sedangkan dari sektor swasta ada ASOHI, GPMT, PPN, GGPU dan beberapa perwakilan perusahaan bidang obat manusia dan obat hewan. Mewakili ASOHI hadir pada hari pertama adalah Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga, Drh Andi Wijanarko dan hadir pada hari kedua Ketua Umum ASOHI, Drh Irawati Fari. 
 
Indonesia memiliki Rencana Aksi Nasional 2017-2019 dengan konsep One Health untuk Manajemen Resistensi Antimikroba lintas sektoral. Namun, RAN saat ini akan selesai pada tahun ini, dan oleh karena itu RAN berikutnya (2020-2024) harus mulai dikembangkan dengan keterlibatan aktif dari kementerian terkait, organisasi profesional, OMS dan mitra pembangunan. 
 
Untuk mengembangkan RAN yang komprehensif ini, diperlukan diskusi intensif dan pengalaman-pengalaman antara sektor terkait, peneliti, pakar dan mitra pembangunan (WHO, FAO) untuk menetapkan prioritas, strategi, fokus dan sumber daya untuk memastikan bahwa semua sektor dapat mengimplementasikan RAN AMR, membuat kesepakatan tujuan yang diinginkan dan menilai serta menyesuaikan arah kebijakan nasional sebagai respons terhadap perubahan lingkungan.
 
Tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan awareness Kementerian/lembaga dan sektor swasta terhadap AMR. Selain itu juga merumuskan goal, tujuan, strategi obyektif yang direncanakan dari setiap sektor/kementerian dari Rencana Aksi Nasional yang baru. Pertemuan dilaksanakan selama dua hari dengan metode paparan narasumber dan dilanjutkan disksi panel dan diskusi interaktif dalam bentuk FGD (sektor manusia, hewan dan lingkungan). (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday136
mod_vvisit_counterYesterday307
mod_vvisit_counterThis week2003
mod_vvisit_counterThis month6542
mod_vvisit_counterAll2006067