KONTRIBUSI ASOHI DALAM RANCANGAN PERMENTAN PRAKTIK KEDOKTERAN HEWAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 29 July 2019 12:00
BOGOR, Selasa 16 Juli 2019. Bertempat di Balai Pengujian Mutu dan sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) Bogor telah dilaksanakan uji publik (Public Hearing) terhadap Rancangan Permentan sebagai tindak lanjut Pasal 78 sampai dengan Pasal 81 Peraturan Pemerintah No. 3 Tahun 2017 tentang Otoritas Veteriner terkait Pedoman Praktik Kedokteran Hewan. Hadir pada kesempatan ini perwakilan pengurus ASOHI Nasional Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Drh Andi Wijanarko.
 
Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh I Ketut Diarmita MP. Menurut Ketut, Otoritas Veteriner adalah kelembagaan pemerintah atau pemerintah daerah yang bertanggung jawab dan memiliki kompetensi dalam penyelenggaraan kesehatan hewan. 
 
Lebih lanjut, Dokter Hewan berwenang adalah dokter hewan yang ditetapkan oleh menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya berdasarkan jangkauan tugas pelayanannya dalam rangka penyelenggaraan kesehatan hewan serta dijelaskan pula mengenai tugas, wewenang, fungsi dan struktur otovet. 
 
Selain itu, dijelaskan pula mengenai praktik kedokteran hewan bahwa pedoman praktik kedokteran hewan disusun oleh Otoritas Veteriner Nasional bersama organisasi profesi kedokteran hewan, apabila setiap orang yang melakukan segala sesuatu terkait keprofesian yang tidak memiliki izin ataupun melakukan pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau etika profesi maka terdapat sanksi yang tegas berupa pencabutan ijin praktek.
 
Kode etik dan etika dokter hewan sebagai koridor pelaksanaan tugas profesi. Kode etik dokter hewan Indonesia merupakan perjanjian yang mengikat setiap dokter hewan untuk mematuhi norma-norma dan nilai-nilai, salah dan benar dan dihayati dan diimplementasikan secara bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan profesi. Dasar hukum pelayanan jasa medik veteriner adalah UU No. 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan. 
 
Penyelenggara pelayanan jasa medik veteriner meliputi dokter hewan praktik mandiri, dokter hewan praktik bersama, klinik hewan, rumah sakit hewan, rumah sakit hewan khusus dan pusat/pos kesehatan hewan. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday174
mod_vvisit_counterYesterday225
mod_vvisit_counterThis week944
mod_vvisit_counterThis month4139
mod_vvisit_counterAll2012672