WORKSHOP PERIZINAN BERUSAHA SEKTOR PERTANIAN BIDANG PETERNAKAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 27 August 2019 11:20
SERPONG, 17-18 Juli 2019. Bertempat di Swiss-Bellhotel Serpong, Pusat  Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian menggelar Workshop Perizinan Berusaha Sektor Pertanian Bidang Peternakan. Workshop ini merupakan tindak lanjut pengembangan aplikasi izin usaha sektor pertanian terintegrasi OSS dan dalam rangka meningkatkan pelayanan perizinan bidang peternakan. 
 
Hadir mewakili pengurus ASOHI Nasional dalam workshop ini adalah Ketua Sub Bidang Registrasi Drh Wati Sukardi. Workshop diawali dengan paparan perkembangan implementasi integrasi OSS (One Single Submission)  oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Kemudian dilanjutkan oleh paparan dari Kepala Biro Hukum yang menjelaskan tentang tata cara perizinan berusahasektor pertanian. Sementara DPM-PTSP Prov Banten melanjutkan dengan contoh implementasi pelaksanaan integrasi perizinan berusaha melalui OSS di Provinsi Banten. 
 
Menurut BKPM, prinsip dasar sistem OSS yang mulai diberlakukan di seluruh Indonesia sejak tanggal 9 Juli 2018 adalah Satu Portal yang berlaku nasional dengan Satu Identitas (NIB) dan Aatu Format Izin (Izin Usaha). Dasar hukumnya Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Secara Elektronik. Perizinan ini diberikan dengan komitmen yang artinya perizinan berusaha diterbitkan berdasarkan komitmen yang harus dipenuhi oleh Pelaku Usaha. Validasi data dilakukan melalui konfirmasi ke sistem Ditjen AHU, Ditjen Dukcapil dan Ditjen Pajak. Sementara pelaksanaan operasional sistem OSS didukung oleh sistem Ditjen AHU, Ditjen Dukcapil, Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Kemendag, INSW, Kementan, Kemen PUPR, dll. 
 
Pada sesi kedua acara dilanjutkan dengan panel paparan dan dan diskusi yang diawali oleh Direktorat Kesehatan Hewan dengan judul makalah Mekanisme penerbitan izin usaha obat hewan terintegrasi OSS dan persetujuan pemenuhan komitmen. 
 
Sebagai uji praktek perwakilan dari Smartsoft menjelaskan tentang tutorial penggunaan aplikasi Ijin Usaha Obat Hewan Online. Workshop ditutup dengan perumusan dan acara penutup. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday136
mod_vvisit_counterYesterday307
mod_vvisit_counterThis week2003
mod_vvisit_counterThis month6542
mod_vvisit_counterAll2006067