DPA: ASOHI HARUS SIAP MENGHADAPI PERUBAHAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 27 August 2019 13:52
JAKARTA, Jumat 26 Juli 2019. Bertempat di Ruang Rapat ASOHI, Jl Raya Rawa Bambu, Pasar Minggu Jakarta Selatan telah dilangsungkan Rapat ketiga Dewan Penasehat ASOHI di tahun 2019. Rapat dihadiri oleh Ketua DPA Gani Haryanto, Sekretaris DPA Drh. Ketut Tastra Sukata MBA, dan anggota yang terdiri dari Dr. Drh. Sofjan Sudardjat, MS, Suprahtomo SH, dan Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA. Sementara Pengurus ASOHI diwakili oleh Ketua Umum Drh. Irawati Fari dan Sekretaris Eksekutif Ir Bambang Suharno.
 
Beberapa catatan dari Rapat DPA diantaranya soal dinamika yang terjadi sepanjang tahun 2019 yang merupakan tahun politik. Ibu kota Negara kemungkinan akan pindah menjelang akhir pemerintahan Presiden Jokowi. Perlu dicek Anggaran Dasar ASOHI,  apakah ASOHI harus berkedudukan di Ibu kota Negara.
 
Selain itu ASOHI perlu mempersiapkan diri menghadapi perubahan yang ada di pemerintahan, ASOHI agar bisa menempatkan diri dan bisa memberikan masukan kepada pemerintahan yang baru (khususnya ke Menteri Pertanian yang baru).
 
Presiden Jokowi baru baru ini menyampaikan pidato yang intinya memberikan 5 Arahan Presiden yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, mendorong investasi, rekormasi birokrasi, dan penggunaan APBN yang efisien. ASOHI perlu mempelajari pidato tersebut dan memberikan pandangan khususnya tentang bidang peternakan dan kesehatan hewan. Antara lain dibidang Reformasi birokrasi, bagaimana keberadaan Dinas PKH di daerah yang sudah banyak digabung dengan Dinas lainnya dan upaya peningkatan APBN untuk bidang peternakan.
 
Pemerintah saat ini sedang menyusun Permentan tentang penyediaan dan peredaran obat hewan. Dalam hal izin usaha obat hewan, rekomendasi ASOHI diharapkan masih menjadi syarat dikeluarkannya izin usaha obat hewan. ASOHI perlu memberikan masukan ke pemerintah  tentang peran ASOHI selama ini dalam membangun usaha obat hewan sehingga setiap izin usaha membutuhkan rekomendasi ASOHI.
 
Memasuki era industri 4.0, ASOHI perlu mempersiapkan diri, membahas bagaimana peran teknologi industry 4.0 bagi pengembangan usaha obat hewan. Dibahas pula persiapan Munas ASOHI yang akan berlangsung tahun 2020. Disarankan  ASOHI melibatkan generasi milenial dari anggota ASOHI untuk ikut terlibat dalam kepanitiaan khususnya SC.
Bahasan lain soal kebijakan medicated feed agar dikaji oleh ASOHI. Ditambah dengan mulai berlakunya OSS (Online Single Submission) yang mengharuskan semua perusahaan mempunyai NIB baru. Implementasi Nomor Induk Berusaha (NIB)  Pengurus perlu ada tim yang bisa memantau penerapan NIB. 
 
Topik lain juga diulas rencana perayaan ulang tahun ASOHI ke-40. Acara Rakornas, CEO Forum, dan Launching buku 40 tahun ASOHI. Diharapkan sekaligus launching Mars ASOHI. Draft lirik lagu sudah dibuat Dr. Drh Sofjan Sudardjat, tinggal diaransemen music yang professional. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday136
mod_vvisit_counterYesterday307
mod_vvisit_counterThis week2003
mod_vvisit_counterThis month6542
mod_vvisit_counterAll2006067