KEMENTAN BANGUN SISTEM APLIKASI ONLINE UNTUK KELANCARAN PAKAN TERNAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 30 September 2019 15:45
JAKARTA, Rabu 11 September 2019. Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan terus berupaya memberikan informasi teraktual tentang Nomor Pendaftaran Pakan (NPP) dengan membangun sistem informasi pendaftaran pakan yang dapat digunakan oleh stakeholders, dinas yang akan melaksanakan pengawasan, unit pengadaan barang/jasa utamanya pengadaan pakan, UPT, pabrik pakan (dalam memperlancar iklim usaha dan pengembangan bisnisnya), mahasiswa, peneliti, dan praktisi di bidang pakan. 
 
Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pakan Sri Widayati saat mewakili Dirjen PKH, membuka rapat sosialisasi informasi pendaftaran pakan yang dihadiri oleh perwakilan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), 33 produsen pakan, 11 dinas provinsi, dan 10 UPT lingkup Ditjen PKH.
 
Menurut Widayati, saat ini rata-rata pertumbuhan industri pakan nasional sekitar 6-7%, hal ini menunjukan bahwa pakan merupakan bisnis yang menarik. "NPP menjadi salah satu cara pemerintah menjamin mutu dan keamanan pakan, sesuai dengan amanah Permentan No. 22 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Peredaran Pakan," ungkap Widayati. 
 
"NPP ini berlaku selama lima tahun, kemudian harus diperpanjang dengan kembali mengajukan pendaftaran yang disertai dengan pengujian mutu dan keamanan pakannya pada laboratorium Pemerintah yang terakreditasi. Dalam kurun waktu 2014-2019 telah terdaftar 2.126 jenis pakan."
 
Langkah membuka informasi tentang status NPP melalui laman pakan.ditjenpkh.pertanian.go.id, memerlukan dukungan peningkatan pelayanan yang prima, baik dalam proses memperoleh NPP baru maupun perpanjangannya, menjadi media yang lebih efektif, serta bebas dari KKN, sebagai komitmen mewujudkan pemerintahan yang bersih. 
 
Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi tentang e-pengawasan, yaitu digitalisasi pengawasan melalui suatu sistem berupa aplikasi berbasis internet, sehingga masyarakat maupun pemerintah daerah dapat dengan mudah mengakses informasi mutu pakan menggunakan status data NPP tersebut. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday172
mod_vvisit_counterYesterday225
mod_vvisit_counterThis week942
mod_vvisit_counterThis month4137
mod_vvisit_counterAll2012670