ULTAH KE-40, ASOHI GELAR CEO FORUM PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 01 November 2019 11:27
BOGOR, Jumat 25 Oktober 2019. Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) merayakan hari ulang tahun ke-40 yang ditandai dengan launching Buku 40 Tahun ASOHI dan seminar yang bertemakan "Peran dan Tantangan Menuju Indonesia Maju". Momen perayaan hari jadinya dilaksanakan bersamaan gelaran acara CEO Forum yang dilaksanakan sehari setelah pelaksanaan Rakornas ditempat yang sama, Kamis (24/10).
 
Tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya ASOHI CEO Forum yang banyak mengalami perbaikan dibanding penyelenggaraan CEO Forum yang pertama. Tidak hanya dihadiri oleh para petinggi perusahaan, pemerintah, serta para stakeholders terkait juga ikut hadir memadati ruangan seminar lengkap dengan pakaian batik khas nusantara sesuai dengan dress code yang disampaikan oleh panitia.
 
Penyelenggaraan ASOHI CEO Forum kali ini dikemas secara istimewa bersamaan dengan dilaunching-nya buku "40 Tahun ASOHI: Peran dan Tantangan Menuju Indonesia Maju". Selain itu, momen ini menjadi istimewa dalam sejarah ASOHI yaitu menjadi momen untuk pertama kalinya diperdengarkan "Mars ASOHI" yang liriknya diciptakan oleh Dr. Drh. Sofjan Sudardjat, D. MS. serta aransemen musik oleh Drh. Dedy Kusmanagandhi, MBA.
 
Dalam sambutannya, Ketua Panitia Drh. Forlin Tinora menyampaikan rasa terima kasihnya dan berharap semua stakeholders di industri obat hewan ini bisa bersatu dan lebih tangguh ke depan untuk memikirkan kemajuan industri ini.
 
Drh. Irawati Fari, selaku Ketua ASOHI juga berharap, meskipun nanti kepengurusan ASOHI akan berganti, namun CEO Forum ini diharapkan akan terus terlaksana di setiap tahunnya. Dengan jumlah anggota lebih dari 365 perusahaan, Ira juga berharap semua perusahaan anggotanya bisa mengedarkan produk-produk yang sudah diregistrasi, dan bisa menyikapi perkembangan industri 4.0 dengan baik.
 
Dalam acara yang dibuka oleh Kasubdit Pengawasan Obat Hewan (POH), drh. Ni Made Ria Isriyanti, PhD ini, turut menghadirkan Pakar Ekonomi, Dr. Aviliani, SE, Msi, sebagai pembicara seminar. Avi sapaan akrab Aviliani menilai bahwa ke depan diharapkan kita bisa membuat kebijakan yang lebih sederhana, meningkatkan nilai konsumsi terutama protein hewani, dan juga dituntut untuk melakukan ekspor karena dinilai punya market yang besar di sini. "Dua tahun ke depan bukan masa yang mudah. Perusahaan harus kencangkan ikat pinggang, mencari pasar baru, dan memanfaatkan peluang ekspor yang masih tinggi," ucap Avi. 
 
Di sesi selanjutnya Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari dalam presentasinya menjelaskan bahwa saat ini ASOHI terus memperkokoh pengurus Nasional dan Daerah untuk dapat bekerja secara profesional, berdedikasi tinggi, loyal dan menjadi panutan yang positif di industri obat hewan dan pihak terkait lainnya. 
 
Sesuai dengan misinya ASOHI terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada Anggota, baik di Pusat maupun Daerah. Menjadi mitra yang harmonis bagi pihak pemerintah dan para stakeholder yang terkait. Serta meningkatkan sosialisasi organisasi dan kiprahnya, serta bekerjasama dengan semua pihak terkait, baik di dalam maupun di luar negeri.
 
Irawati menggarisbawahi tantangan kedepan diantaranya berbagai rencana peraturan baru pemerintah seperti transfer teknologi, cara distribusi OH yang baik, dan lisensi veteriner. Belum lagi soal potensi konflik pelaksanaan antar peraturan yang melibatkan BBPOM, Kompes, Perda dan OSS. Isu global lainnya juga perlu diwaspadai seperti dampak zona perdagangan bebas, emerging disease, AMR, penyakit baru, keamananan dan ketahanan pangan. 
 
Sementara dari sisi perdagangan pasar E-commerce juga perlu disoroti potensi perkembangannya dimana membutuhkan alur distribusi dan pemenuhan peraturan yang baru untuk pengawasannya. Soal informasi pasar, seperti data produksi bibit unggas, harga jual produk akhir hingga tingkat konsumsi di konsumen perlu segera dicapai titik temu untuk dapat memberikan stabilitas dalam industri peternakan. 
 
"Untuk mencapai ini semua diperlukan kerjasama beriringan antar semua stakeholder peternakan mulai dari peternak, pengusaha, asosiasi, akademisi, dan pemerintah. Disinilah ASOHI berusaha untuk selalu berperan menjembatani kepentingan semua pihak, terlebih khususnya kepentingan anggotanya," ujar Irawati. 
 
Acara dilanjutkan hiburan tarian nusantara kebangsaan yang menggambarkan eksistensi ASOHI di Daerah. Selanjutnya disambung dengan pemutaran video berisi ucapan "Selamat Ulang Tahun" dari relasi-relasi ASOHI. Dan puncak acara, dilakukan pemotongan tumpeng serta pemberian penghargaan "The Best CEO" untuk tiga pimpinan perusahaan.
 
Penerima award tersebut yaitu Drh Gowinda Sibit (PT Tekad Mandiri Citra), Drh Irawati Fari (PT Novindo Agritech Hutama) dan Drh Edy Purwoko (Ceva Animal Health Indonesia). Selamat ulang tahun yang ke-40, ASOHI Berjaya! (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday53
mod_vvisit_counterYesterday365
mod_vvisit_counterThis week1291
mod_vvisit_counterThis month4029
mod_vvisit_counterAll2020224