PUNCAK PERINGATAN HATN 2019 SUKSES DIGELAR DI PEKANBARU PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 07 November 2019 08:24
RIAU, 26-28 Oktober 2019. Puncak peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) ke-9 berjalan lancar dan sukses di Pekanbaru Provinsi Riau. Rangkaian acara dimulai dengan talkshow mengenai HATN di Riau TV Sabtu 26 Oktober, dilanjutkan dengan Talkshow di RRI Minggu pagi tanggal 27 Oktober. Pada Minggu pagi juga dilakukan aksi bagi-bagi telur di area car free day Pekanbaru sebanyak 5.000 butir. Pembagian telur dilakukan oleh tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau beserta tim dari Riau Pos.
 
Talkshow di Riau TV menghadirkan narasumber Ketua Panitia Pusat HATN Ricky Bangsaratoe, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Ely Suryani, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN SUSKA Dr Edi Erwan, dan perwakilan FAO Drh Erry Setyawan. Di RRI talkshow juga menghadirkan narasumber tersebut kecuali Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan yang berhalangan hadir karena ada tugas ke Jakarta.
 
Topik talkshow meliputi penjelasan mengenai apa kegiatan HATN, edukasi tentang manfaat ayam dan telur serta informasi lainnya untuk melawan hoax tentang ayam dan telur. Talkhsow dilakukan secara live.
 
Acara puncak berlangsung Minggu 27 Oktober berlokasi di depan gedung RRI Riau yang merupakan wilayah area car free day, dimulai sejak pukul 6.00 pagi dengan acara senam pagi bersama. Acara tersebut dihadiri oleh Plt kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Ely Suryani MS beserta para kepala Bidang, Ketua ASOHI Bidang Antar lembaga Drh Andi Wijanarko, Perwakilan FAO Drh Erry Setyawan, Ketua Panitia HATN Pusat yang juga Ketua Bidang Promosi dan Usaha Pinsar Indonesia Ricky Bangsaratoe, sejumlah tamu undangan serta para warga kota yang sedang melakukan aksi jalan sehat.
 
Acara aksi bagi-bagi telur dan leaflet edukasi gizi ayam dan telur kepada warga Kota Pekanbaru yang sedang berolahraga jalan kaki, senam, naik sepeda disambut antusias oleh warga kota. Sebagian warga menyatakan baru tahu ada Hari Ayam dan Telur Nasional.
 
Pada Senin, 28 Oktober 2019 bertepatan dengan  Hari Sumpah pemuda, acara HATN masih berlanjut dengan kegiatan seminar Nasional tentang Gizi Protein, Biosekuriti dan Perunggasan. Acara dibuka oleh Asisten Dua Sekda Provinsi Riau Andi, menghadirkan 3 pembicara yaitu Erry Setyawan (FAO) , Alfred Kompudu (FAO) dan Bambang Suharno (Infovet/wakil ketua panitia pusat HATN).
 
Acara seminar dihadiri oleh perwakilan ibu-ibu PKK, mahasiswa Pertanian, peternakan dan Mahasiswa Ilmu Gizi UIN SUSKA, para peternak dan perwakilan dari perusahaan peternakan antara lain Charoen Pokphand Indonesia, Japfa Comfeed Indonesia (Ciomas dan Indojaya), Cheil Jedang, Malindo dan lain-lain.
 
Erry menyampaikan topik tentang Biosekuriti, sedangkan Alfred Kompudu menjelaskan mengenai manfaat ayam  dan telur untuk kesehatan dan kecerdasan, dan Bambang Suharno menyampaikan materi mengenai peluang dan tantangan agribisnis perunggasan di Indonesia.
 
Riau Pos memberitakan acara ini dengan porsi khusus. Menurut Direktur Riau Pos dan Riau TV Ahmad Dardiri, informasi mengenai manfaat ayam dan telur bagi masyarakat Riau sangat penting, jadi Riau Pos ingin berkontribusi dalam memberikan informasi mengenai pentingnya ayam dan telur bagi masyarakat sebagai sumber protein hewani yang berkualitas dan terjangkau harganya.
 
Liputan tentang HATN mulai tampak sejak Tim HATN Pusat mengadakan diskusi dengan Dinas PKH dan peternak awal tahun 2019 serta berturut-turut sebelum acara dan pasca acara berlangsung. Tanggal 26 Oktober, Riau Pos memberitakan tentang rencana aksi bagi bagi telur gratis di hari Minggu 27 Oktober. Tanggal 28 Oktober Riau Pos menampilkan 1 halaman penuh berisi foto-foto dan berita kegiatan HATN. Sedangkan tanggal 29 Oktober menampilkan berita seminar setengah halaman. Selain berita cetak, Riau Pos juga memberitakan kegiatan HATN di Riau pos versi online. (BS)
Last Updated on Thursday, 07 November 2019 08:27
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday79
mod_vvisit_counterYesterday365
mod_vvisit_counterThis week1317
mod_vvisit_counterThis month4055
mod_vvisit_counterAll2020250