RESMI, COLISTIN DILARANG DIGUNAKAN DI INDONESIA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 18 December 2019 15:10
JAKARTA, 9 Desember 2019. Melalui surat edaran bernomor 09160/PK.350/F/12/2019 Kementerian Pertanian cq Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan secara resmi melarang penggunaan antibiotik Colistin pada hewan. Surat edaran ini ditandatangani Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh I Ketut Diarmita MP pada 9 Desember 2019. 
 
Latar belakang pelarangan ini adalah untuk mencegah dan mengendalikan risiko resistensi mikroba di sektor peternakan dan kesehatan hewan dan menindaklanjuti rekomendasi rapat Evaluasi Implementasi Peraturan Menteri Pertanian No. 14 Tahun 2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan tanggal 5 Desember 2019. 
 
Dalam surat edaran tersebut dinyatakan bahwa Colistin merupakan last drug of choice untuk penyakit infeksi saluran pencernaan dan bakterimia yang disebabkan oleh bakteri multidrugs resistence pada manusia yang dalam penggunaan secara luas berpotensi menimbulkan bakteri resisten. Colistin dalam daftar WHO masuk dalam kelompok Highest Critically Important  Antimicrobials for Human Medicine (WHO) dan dalam daftar OIE masuk kelompok Veterinary Highly Important Antimicrobial Agents (OIE).
 
Berdasarkan berbagai informasi dan pertimbangan ilmiah, Dirjen PKH, Kementan melarang penggunaan Colistin pada hewan (ternak maupun non-ternak) melalui berbagai rute pemberian, baik secara tunggal maupun kombinasinya.
Implikasi dari pelarangan ini bagi perusahaan obat hewan yang mengajukan Permohonan Surat Keterangan Pemasukan (SKP) bahan baku dan produk obat hewan yang mengandung Colistin terhitung mulai tanggal 15 Desember 2019 tidak dapat lagi diproses. 
 
Selain itu bahan baku dan produk obat hewan yang mengandung Colistin yang sedang dalam proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan proses pendaftarannya. Sementara batas akhir peredaran dan penggunaan bahan baku dan produk obat hewan yang mengandung Colistin hanya sampai 30 Juni 2020. 
 
Lebih lanjut, produk obat hewan yang mengandung Colistin baik tunggal maupun kombinasi dan telah memiliki nomor pendaftaran obat hewan sejak tanggal 1 Juli 2020 akan dicabut nomor pendaftarannya. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday40
mod_vvisit_counterYesterday265
mod_vvisit_counterThis week1327
mod_vvisit_counterThis month7770
mod_vvisit_counterAll2046871