GABUNGAN PETERNAK AYAM GELAR DEMO DI KEMENTAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 18 December 2019 16:10
JAKARTA, Rabu 11 Desember 2019. Ratusan orang massa yang tergabung dalam Paguyuban Peternak Rakyat Nasional melakukan aksi damai di depan Gedung Kementerian Pertanian. Aksi yang dimulai dari pukul 08.30 WIB ini diikuti pembagian 500 ayam secara gratis kepada masyarakat.
 
Aksi demonstrasi damai ini, bertujuan untuk menyampaikan tuntutan dan aspirasi kepada pemerintah dan pihak terkait untuk menaikkan harga ayam hidup dan melindungi usaha peternak rakyat mandiri. Hal itu, karena satu bulan pasca anjloknya harga ayam hidup (live bird/LB) Juni lalu, harganya kembali menyentuh titik terendah pada Agustus 2019, yakni Rp 8.000 per kilogram.
 
"Tercatat selama kurun waktu sembilan bulan di 2019, usaha perunggasan mengalami dua kali gelombang tsunami anjloknya harga LB di tingkat peternak. Dan lagi-lagi sebab musababnya disebabkan oleh over supply produksi LB," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Peternakan Unggas Nusantara (PPUN) Alvino di sela-sela aksi demonstran di Kementerian Pertanian.
 
Alvino menuturkan riak-riak gelombang pembentuk gejolak tsunami jatuhnya harga ayam hidup tercatat sudah terjadi sejak Agustus 2018. Harganya selalu di bawah HPP peternak. Puncaknya terjadi di Juni 2019 dan kembali terjadi di Agustus 2019.
 
Dirinya mengatakan, sudah melakukan berbagai upaya yang dilakukan dan disuarakan peternak kepada pemerintah, termasuk upaya antisipasi untuk menjaga kestabilan harga ayam hidup. Namun, kata dia, tak pernah ada solusi yang jitu dan berkepanjangan.
 
Alih-alih menyelesaikan persoalan, tercatat sejak awal 2019 sampai saat ini, kata dia, harga pakan terus bertengger di harga Rp 6.800 – 7.400 per kg. Padahal pemerintah selalu gembar-gembor produksi jagung sebagai bahan utama pakan ternak di posisi surplus bahkan sampai dilakukan ekspor. Kendati begitu, menurutnya, kondisi ini tidak ikut menggerek penurunan harga pakan. Sementara seperti diketahui pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha budidaya broiler.
 
Selain pakan, kata dia, harga Day Old Chick/anak ayam umur 1 hari (DOC) juga mengalami hal yang sama. Tercatat sejak Agustus 2018 harga DOC selalu bertengger di harga 6.600-6.100. Baru pada Juni – Agustus 2019 harga DOC bergerak turun rata-rata di harga 4.000 dan itu pun belum membantu dikarenakan harga LB anjlok ke titik terendah.
"Sementara di sisi lain upaya penyeimbangan supply dan demand melalui pengurangan produksi DOC selalu berdampak lebih dulu terhadap kenaikan harga dan ketersediaan DOC bagi peternak," ucapnya.
 
Dia melihat benang kusut itu lah yang selalu tidak bisa diurai pemerintah dan pelaku industri perunggasan (perusahaan integrasi) yang memakan korban terlebih dahulu peternak broiler. (AF)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday265
mod_vvisit_counterYesterday408
mod_vvisit_counterThis week673
mod_vvisit_counterThis month7116
mod_vvisit_counterAll2046217