HARGA KEMBALI TURUN, PETERNAK KEMBALI BEREMBUK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 23 March 2020 14:08
BOGOR, Kamis 27 Februari 2020. Rembuk perunggasan nasional dianggap peternak sebagai forum yang efektif dalam upaya mencari solusi permasalahan yang sedang terjadi. Hal inilah yang melatarbelakangi para pelaku di industri perunggasan kembali menggelar Rembuk Perunggasan Nasional yang digelar di Hotel Harris, Sentul, Bogor.
 
Tercatat forum ini merupakan pertemuan ketiga setelah sebelumnya juga dilakukan rembuk nasional pada tanggal 22 Januari 2020 dan 12 Februari 2020. Forum ini dihadiri oleh para pimpinan perusahaan perunggasan, petinggi asosiasi peternakan unggas, para peternak mandiri, serta perwakilan pemerintah.
 
Sugeng Wahyudi, selaku perwakilan peternak mandiri sekaligus Ketua Panitia penyelenggara, menjelaskan bahwa pertemuan ini digelar untuk mencari solusi terkait harga ayam hidup yang belum sesuai dengan harga referensi Permendag No. 07/2020.
 
“Negara ini diatur oleh hukum, kita berharap harga ayam hidup juga dapat sesuai dengan apa yang diatur melalui Permendag No. 07/2020. Saat ini harga sapronak (DOC) sudah lebih dulu mencapai harga acuan, sehingga apabila harga ayam hidup tidak segera menyesuaikan, peternak lah yang akan menjadi korban,” ujarnya.
 
Berbeda dengan para peternak yang meyakini saat ini masih terjadi kelebihan produksi, Kasubdit Unggas, Ditjen PKH, drh. Makmun M.Sc, mengungkapkan bahwa berdasarkan data laporan yang telah masuk ke pemerintah, seharusnya kelebihan produksi dan penurunan harga ayam hidup tidak terjadi. “Produksi DOC bulan Januari sebesar 237.070.582 ekor, dan apabila melihat data tersebut, seharusnya kelebihan produksi tidak terjadi,” ungkapnya.
 
Rembuk Perunggasan Nasional ke-3 ini, menghasilkan panduan harga referensi penjualan di tingkat peternak sejak hari Jum’at, 28 Februari 2020 hingga Senin, 2 Maret 2020  dan akan dievaluasi kembali pada hari Selasa, 3 Maret 2020. Harga referensi tersebut berkisar antara Rp 16.500-21.500 dan berlaku di Pulau Jawa (Banten, Jabodetabek, Sukabumi-Cianjur, Bandung, Purwasuka, Jateng dan Jatim).  
 
Semua pihak yang hadir pada forum tersebut sepakat untuk menjaga kekompakan dan bersama-sama membangun komitmen pada poin yang telah disepakati agar harga ayam hidup tetap di atas harga pokok produksi (HPP) dan semakin mendekati harga referensi yang ditetapkan pemerintah, pada hari-hari berikutnya. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1444
mod_vvisit_counterYesterday1125
mod_vvisit_counterThis week10259
mod_vvisit_counterThis month6357
mod_vvisit_counterAll2094935