PARTISIPASI ASOHI DALAM PENYUSUNAN PEDOMAN PENATALAYANAN ANTIMIKROBA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 06 July 2020 15:26
JAKARTA, Senin 15 Juni 2020. Menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 02490/Kpts/OT.050/F/02/2020 tentang Pembentukan Tim Penyusun Pedoman Penatalayanan Antimikroba (Veterinary Antimicrobial Stewardship) di Sektor Kesehatan Hewan serta sebagaimana rekomendasi pertemuan-pertemuan pembahasan Pedoman Penatalayanan Antimikroba (antimicrobials stewardship) dan Pedoman Umum Penggunaan Antibiotika di Sektor Kesehatan Hewan yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2020 di Hotel Sahati Jakarta Selatan dan tanggal 5 Maret 2020 di Hotel Santika BSD Tangerang Selatan, serta tanggal 16 April 2020 melalui pertemuan video conference, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan FAO ECTAD Indonesia mengadakan pertemuan lanjutan dengan para pemangku kepentingan untuk finalisasi Pedoman Penatalayanan Antimikroba dan Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik sebagai pedoman penggunaan antibiotik yang bijak dan bertanggungjawab di sektor peternakan dan kesehatan hewan. 
 
Pertemuan ini kembali digelar melalui fasilitas Zoom Cloud Meeting yang diikuti oleh stakeholder terkait diantaranya Direktur Kesmavet, Kepala BBPMSOH, Kepala Bblitvet, Kasubdit lingkup Ditkeswan, Kasubdit Pengawasan Keamanan Poduk Hewan Ditkesmavet, Ketua Komisi Obat Hewan (KOH), Ketua ASOHI, Ketua Umum PB PDHI, Ketua AFFAVETI, Ketua ADHPI, Kepala Departemen Farmakologi FKH IPB, Kepala Departemen Farmakologi FKH UGM, Drh Unang Patriana MSi (Anggota KOH), Dr drh Andriyanto MSi (Anggota PPOH), Dr drh Aulia Andi MSi (Anggota PPPOH), Ketua CIVAS, dan Tim Leader FAO ECTAD Indonesia. Pada kesempatan ini Ketua Umum ASOHI diwakili oleh Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Drh Andi Wijanarko. 
 
Dari hasil rapat diketahui bahwa outline Pedoman Penatalayanan Antimikroba dan Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik sudah hampir selesai. Bab Pendahuluan, Prinsip-prnisip penggunaan antibiotik, Penggolongan antibiotik, Penggunaan antibiotik, Pengawasan antibiotik, Penutup, hingga Referensi sudah selesai. Hanya tinggal beberapa bagian saja yang masih kurang seperti seperti executive summary, materi Ionophore, tabel penggunaan antibiotik untuk unggas, dan lampiran-lampiran. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday719
mod_vvisit_counterYesterday1956
mod_vvisit_counterThis week4894
mod_vvisit_counterThis month27693
mod_vvisit_counterAll2332498