MENJADI JURNALIS MUDA PETERNAKAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 05 November 2020 14:15
BANDUNG, 10 Oktober 2020. Menjadi Jurnalis Muda Peternakan memberikan kesempatan bagi generasi muda peternakan yang tertarik untuk berkembang dalam bidang jurnalistik untuk mengetahui, memahami dan mendalami prinsip kerja, seluk-beluk dan etika jurnalisme di era digital ini.
 
Hal itu mengemuka dalam “Bincang Peternakan: Menjadi Jurnalis Muda Peternakan” yang diselenggarakan dalam rangka menyongsong Musyawarah Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) XVI. Acara berlangsung pada Minggu (18/10) melalui aplikasi daring bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran dan Indonesia Livestock Alliance (ILA).
 
Tampak hadir sebagai narasumber dalam bincang peternakan tersebut, yakni Pemimpin Redaksi (Pemred) Majalah Infovet Bambang Suharno yang membawakan materi “Jurnalisme Peternakan: Prinsip dan Etikanya”, kemudian Pemred Majalah Agrina Windi Listianingsih yang mengusung tema “Manfaat Keterampilan Menulis bagi Pengembangan Karier di Masa Depan”, lalu ada Pemred Majalah Poultry Indonesia Farid Dimyati yang mengangkat tema “Kiat Menulis Sains Populer Peternakan”, serta Pemred Majalah Trobos Livestock Yopi Safari yang menyampaikan materi “Kiat Menembus Pemuatan Artikel di Media Massa”.
 
Bambang memaparkan, terdapat empat peran penting jurnalisme peternakan, yakni Pertama sebagai sumber informasi, berita kegiatan pelaku usaha, stakeholder peternakan, asosiasi/organisasi profesi, mempopulerkan tokoh. Kedua sebagai sarana edukasi, pengetahuan teknis dan sosial ekonomi peternakan.
 
Ketiga sebagai sarana motivasi, mendorong masyarakat untuk sukses dalam dunia peternakan (profil tokoh sukses, artikel lainnya). Keempat sebagai opini, yakni ikut mengkritisi kebijakan pemerintah, sikap asosiasi dan sejenisnya.
 
Melalui kegiatan ini, para peserta dapat menjadi jurnalis muda di bidang peternakan yang tidak hanya mengerti dan memahami tentang dunia peternakan dan seluk-beluknya, namun juga mengetahui prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, sehingga ke depan dapat mempublikasikan suatu kegiatan peternakan secara benar, fair dan bertanggung jawab. (IN)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1152
mod_vvisit_counterYesterday2838
mod_vvisit_counterThis week1152
mod_vvisit_counterThis month35565
mod_vvisit_counterAll2653051