MEDION TERIMA KUNJUNGAN DARI KEMENRISTEK RI PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 08 January 2021 11:08
BANDUNG, Rabu 4 November 2020. Medion mendapat kunjungan dari Kementerian Riset & Teknologi RI / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) yang diwakili oleh Tim Ristek dari Kemenristek/BRIN & Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selain bermaksud untuk mengembalikan alat real-time PCR (qPCR) milik Medion yang digunakan untuk menambah kapasitas pemerintah dalam melakukan pengembangan uji dan diagnostik Covid-19, tujuan kunjungan kali ini juga ingin berdiskusi dengan Medion mengenai pengalamannya dalam melakukan pengembangan vaksin mulai dari tahap pengembangan hingga produksi. 
 
Informasi tersebut diperlukan Kemenristek/BRIN sebagai input dalam membangun fasilitas Indonesian Life Sciences Center (ILSC) yang dirancang untuk medukung program konsorsium riset vaksin dan produk biologi nasional. Fasilitas tersebut direncanakan memiliki area laboratorium yang memenuhi standar Good Laboratory Practice (GLP) dan area produksi skala pilot yang memenuhi standar Good Manufacturing Practice (GMP). Dengan adanya fasilitas ILSC ini, diharapkan hasil penelitian produk skala lab dapat diimplementasikan ke skala pilot sebagai upaya awal menuju komersialisasi produk sebelum diproduksi dalam skala besar.
 
Acara diawali dengan sambutan Toto Winata selaku dewan direksi Medion dan Irvan Faizal selaku perekayasa senior di bidang biofarmasi dari BPPT. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi dari Irvan mengenai ILSC dan Melina Jonas (selaku direksi dari divisi Biological Product Medion) mengenai company profile Medion Group, beserta proses hulu-hilir pengembangan dan produksi vaksin. Kunjungan fasilitas pengembangan dan produksi vaksin dilakukan di fasilitas QC produk vaksin (BSL-2) dan produksi vaksin AI (BSL-3). Acara ditutup dengan diskusi akhir dan penyerahan souvenir dari Medion oleh Peter Yan selaku komisaris.
 
Pihak Kemenristek/BRIN dan BPPT mengungkapkan kekagumannya pada Medion yang telah memiliki fasilitas penelitian dan produksi yang sangat lengkap, SDM peneliti yang relatif banyak, serta mampu mengembangkan vaksin dari hulu-hilir secara mandiri. Hal tersebut menjadi masukan awal yang sangat baik dalam perancangan fasilitas ILSC ini. Forum berharap kunjungan ini menjadi titik awal hubungan antara Kemenristek/BRIN dengan Medion sehingga kedepannya komunikasi dan hubungan kerjasama antar kedua belah pihak dapat terjalin dengan baik. (MED)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday288
mod_vvisit_counterYesterday3096
mod_vvisit_counterThis week9677
mod_vvisit_counterThis month44090
mod_vvisit_counterAll2661576