ASOHI PEDULI BANTU KORBAN GEMPA MAMUJU MAJENE PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 02 February 2021 12:41
PALU, 16 Januari 2021. Gempa dahsyat melanda wilayah Mamuju, Majene, dan kawasan lain sekitar Sulawesi Barat, pada Jumat (15/1). Fenomena itu membuat banyak bangunan runtuh, ribuan orang luka, dan sejumlah orang dikabarkan meninggal dunia.
 
Tim penyelamat masih berusaha untuk menyelamatkan sejumlah orang yang dilaporkan tertimbun reruntuhan bangunan. Kondisi di kawasan itu juga masih belum kondusif karena sejumlah sejumlah fasilitas umum seperti listrik belum menyala.
Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika gempa yang terjadi di Sulbar adalah jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake). Pusat gempa dilaporkan berada di 6 kilometer laut Majene dengan kedalaman 10 km.
 
BMKG mengatakan gempa tersebut akibat dari aktivitas sesar atau patahan lokal di kawasan tersebut. Gempa bumi dangkal merupakan gempa yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan laut. Gempa itu kerap menimbulkan kerusakan yang besar.
 
BMKG mengatakan puluhan gempa bumi terjadi sejak Kamis (14/1) hingga Jumat (15/1). BMKG mencatat gempa pertama terjadi pada Kamis (14/1), sekitar pukul 13.35 WIB dengan magnitudo 5,9. Sedangkan gempa yang menyebabkan kerusakan parah dan menimbulkan korban jiwa terjadi pada Jumat (15/1), pukul 01.28 WIB. BMKG mencatat magnitudo gempa sebesar 6,2.
 
BMKG menyatakan Sulawesi Barat berpotensi diterjang tsunami jika ada gempa susulan dalam waktu dekat. Salah satu penyebab potensi itu adalah adanya longsor bawah laut. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat di Majene untuk bersiaga dan siap dievakuasi jika terjadi gempa susulan. Dia juga mengimbau masyarakat menghindari bangunan rentan. Sebab gempa yang terjadi di Majene sejak kemarin punya kekuatan meruntuhkan bangunan.
 
Melihat hal tersebut ASOHI Daerah Sulawesi Tengah yang tidak terdampak gempa dibawah koordinator Ketuanya Achmad Juweni SPt langsung bergerak menghimpun bantuan dari peternak dan perusahaan anggota ASOHI. Dalam waktu singkat berhasil mengumpulkan ratusan kilo telur, beras, mie instan, susu, air mineral, selimut, obat-obatan, terpal, dan bahan bantuan lainnya untuk disalurkan ke wilayah Mamuju dan Majene yang terdampak gempa paling parah. 
 
Bahkan sumbangsih dari ASOHI Daerah lain seperti dari ASOHI Sulsel sebanyak 20 paket (beras, mie instan dan sarden) juga didistribusikan melalui timnya pada Selasa 19 Januari 2021. Hingga berita ini diturunkan paket bantuan dari ASOHI Pusat dan ASOHI Jabar juga telah dijadwalkan untuk disalurkan pada Sabtu 23 Januari 2021. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday56
mod_vvisit_counterYesterday3849
mod_vvisit_counterThis week56
mod_vvisit_counterThis month56
mod_vvisit_counterAll2786663