RAPAT DPA REKOMENDASIKAN MUNAS ASOHI DIGELAR OKTOBER 2021 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 02 February 2021 12:44
JAKARTA, Rabu 20 Januari 2021. Melaui fasilitas zoom meeting telah dilangsungkan Rapat Dewan Penasehat ASOHI. Rapat dihadiri secara virtual oleh Ketua DPA Gani Haryanto, Sekretaris DPA Drh. Ketut Tastra Sukata MBA, dan anggota yang terdiri dari Dr drh Sofjan Sudardjat MS, Jonas Jahja dan Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA,.
 
Sementara Pengurus ASOHI diwakili oleh Ketua Umum Drh. Irawati Fari, Wakil Sekjen Drh Forlin Tinora, Bendahara Umum Hj. Henny Rusminah SE, MBA, Ketua Bidang Organisasi Drh. Gowinda Sibit, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Drh. Andi Wijanarko, Ketua Bidang Peredaran Obat Hewan Ir. Teddy Candinegara dan Sekretaris Eksekutif Ir Bambang Suharno. 
 
Rapat DPA merupakan Rapat yang diselenggarakan setiap tiga bulanan yang ke-22 kepengurusan ASOHI periode 2015-2020. Acara dimulai dengan laporan Realisasi Program Kerja November-Desember 2020, Rencana Kerja Januari-Februari 2020 dan diakhiri dengan Saran/Masukan Dewan.
 
Ketua DPA Gani Haryanto dalam uraiannya menyampaikan beberapa rekomendasi diantaranya Pelaksanaan Munas agar tetap diagendakan bulan Oktober 2021. Jika situasi tidak memungkinkan dalam bentuk full tatap muka agar bisa dilakukan kombinasi sebagian tatap muka (dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M) sebagian online atau full online. 
 
Untuk, lanjut Gani Haryanto, pengurus ASOHI, Panitia Pengarah (SC) dan Panitia Pelaksana (OC)  agar mulai mempersiapkan Munas antara lain bahan-bahan yang akan dibahas dalam Munas antara lain Draft perubahan AD/ART (antara lain pengaturan Munas/Musda dan kegiatan lainnya dalam keadaan darurat/force majeur), Draft tata tertib (tata tertib jika munas dilakukan online, pengaturan daftar hadir online, pemilihan ketua umum, dll), Draft program kerja Pengurus ASOHI, dan Draft Rekomendasi Munas.
 
“Pengurus juga perlu menyusun naskah pandangan ASOHI 10 tahun ke depan, dengan tema : Kecukupan Protein Hewani dan Peningkatan Kesehatan Hewan, DPA merekomendasikan Arah kebijakan ASOHI menuju era 4.0,” imbuh Gani Haryanto. 
 
DPA juga menyoroti peran serta ASOHI  dalam usaha percepatan penanggulangan Covid-19, selain itu DPA juga menyoroti agar ASOHI menuntaskan penyelesaian peraturan bermasalah diantaranya Permentan No. 45/2019 tentang izin berusaha dan Permentan No. 03/2019 tentang jasa medik veteriner, termasuk sinkronisasi aturan pusat dan daerah.
 
Perlu dikawal perubahan permentan mengenai klasifikasi obat hewan agar sesuai dengan aspirasi ASOHI. Ditunggu pula pernyataan sikap ASOHI tentang wacana Pelarangan Antibiotika Kombinasi. ASOHI perlu minta rancangan pelarangan antibiotika kombinasi ke Ditkeswan/POH,  sehingga bisa memberi masukan dengan dasar ilmiah dan dasar hukum yang kuat. 
 
Sementara itu Ketua ASOHI Drh Irawati Fari menyampaikan laporan Kegiatan ASOHI Nasional selama triwulan ke-4 (Oktober-Desember 2020). Berbagai kegiatan telah diselenggarakan diantaranya Webinar Strategi Ekspor Obat Hewan, oleh Peter Yan (1 Oktober 2020); Rapat koordinasi dengan ASOHI Daerah membahas kegiatan CSR dalam rangka ultah ASOHI ke 41 ( 16 Oktober 2020); Kegiatan CSR di seluruh ASOHI baik di DKI maupun Daerah, membagikan 5.000 box paket nasi ayam & telur kepada pihak2 yang membutuhkan (25 Oktober 2020); Pengurus inti membahas RUU Cipta Kerja , dan masukan untuk RPP terkait kesehatan hewan kepada pihak pemerintah (28 Oktober 2020). 
 
Ira menambahkan beberapa kegiatan ASOHI di bulan November diantaranya Rapat DPA Virtual, (5 November 2020); Pelatihan PJTOH angkatan XX, kerjasama ASOHI Jatim dengan Pusat (11-12 Nov 2020); Webinar Outlook Bisnis Peternakan dengan tema “Dampak Pandemi Covid-19 pada Bisnis Peternakan, Narasumber tamu : Prof. Wiku Adisasmito dan Dr. Faisal Basri (24 November 2020).
 
Lebih lanjut Irawati juga memaparkan Renacan Kegiatan ASOHI periode Januari-Maret 2021 diantaranya menggelar Rapat Pengurus Inti, membahas program kerja 2021 yang rencananya digelar minggu ke-4 Januari atau minggu ke-1 Februari 2021. Persiapan Rakornas Virtual di bulan Februari 2021 serta Pembahasan rencana penyelenggaraan CEO Forum III. 
 
ASOHI juga tetap akan mengawal respon pemerintah terhadap tanggapan ASOHI terkait Peraturan tentang Onsite Review. Memantau perkembangan pandemi Covid-19  dan dampak terhadap industri peternakan dan kesehatan hewan. Utamanya menyusun rencana Peran Serta ASOHI dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19.  
 
Mengawal proses Permentan yang baru yaitu revisi Permentan 14/2017 Klasifikasi Obat Hewan, tentang perubahan golongan beberapa Obat Hewan dan rencana pelarangan beberapa antibiotik lainnya, serta antibiotik kombinasi. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday309
mod_vvisit_counterYesterday3849
mod_vvisit_counterThis week309
mod_vvisit_counterThis month309
mod_vvisit_counterAll2786916