Virus Flu Burung Bisa Ditemukan di Unggas Sehat PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 11 May 2012 14:14

Jakarta, 22 Februari 2012. Ketua Avian Influenza- Zoonosis Research Center Universitas Airlangga, C. A. Nidom, mengatakan bahwa virus flu burung (H5N1) dapat ditemukan pada unggas yang sehat. Kondisi tersebut karena vaksin yang diberikan kepada unggas. Menurut dia, vaksin flu burung pada unggas tersebut membuat antibodi untuk unggas sehingga unggas akan tetap sehat dan tidak mati walau terkena virus flu burung. Akibatnya, tanda-tanda virus tersebut sudah terjangkit, tapi tidak terlihat.

Sehingga kewaspadaan masyarakat kurang karena mereka berpikir unggas-unggas yang mereka miliki dalam keadaan sehat. “Penelitian kami menyatakan bahwa unggas yang sudah divaksin flu burung dapat tetap membawa virus walau terlihat sehat,” katanya melalui telepon pada Rabu, 22 Februari 2012.

Virus H5N1 itu akan ditularkan burung kepada manusia melalui kotorannya. Kotoran hewan tersebut akan mengering sehingga virusnya terbawa angin. Kemudian virus itu menjangkit manusia. Artinya, tanpa seseorang melakukan kontak dengan unggas pun, ia dapat terjangkit virus tersebut melalui angin.

Pada tanggal 13 Februari 2012, seorang pembantu rumah tangga di Serpong, 'KH', meninggal akibat flu burung. PRT asal Kebumen itu dinyatakan positif terkena flu burung berdasarkan hasil laboratorium dua hari setelah kematiannya.

Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (PPBB), Rita Kusriastuti, mengatakan bahwa saat ini penyebab kematian gadis berumur 19 tahun ini masih dalam penyelidikan. Namun menurutnya, sebelum meninggal, KH tidak melakukan kontak dengan unggas. Lingkungan rumah KH di Kebumen dan Tangerang juga tidak ditemukan unggas yang mati. “Selain itu, keluarga korban juga tidak ada yang terkena virus flu burung,” kata Rita. TEMPO.CO,
Jakarta**** Mitra Tarigan

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2092
mod_vvisit_counterYesterday3056
mod_vvisit_counterThis week12021
mod_vvisit_counterThis month86475
mod_vvisit_counterAll6170365