Pengusaha Unggas Mengeluh, Minta Pemerintah Tekan Harga DOC Ayam PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 21 May 2014 13:17
JAKARTA, 14 April 2014. Para peternak meminta pemerintah melalui Kementerian Perdagangan membuat kebijakan untuk menurunkan harga DOC unggas. Perhimpunan Peternak Unggas Indonesia (PPUI) meminta pemerintah tidak menetapkan harga referensi ayam di tingkat peternak dan konsumen, namun menurunkan harga day old chick atau DOC dan pakan di tingkat peternak.
Ketua PPUI Ashwin Pulungan mengatakan apabila pemerintah menetapkan harga referensi ayam tidak akan menyelesaikan masalah pada kesejahteraan peternak. Dia beralasan apabila harga DOC dan pakan ternak masih tinggi, tetap saja akan membuat peternak rugi. “Kalau harga referensi ayam ditetapkan sama saja peternak merugi. Karena yang menentukan itu adalah harga DOC dan pakan ternak, bukan harga akhirnya,”katanya.

Dia menyebutkan harga DOC saat ini tidak rasional mencapai Rp. 6.000 per ekor, semestinya diturunkan menjadi Rp3.500 per ekor. Sementara harga pakan ternak sekarang mencapai Rp.6.500 per kilogram, semestinya Rp. 4.000 kilogram Ashwin menuding penaikan harga referensi ayam bukan murni keinginan peternak, melainkan ditunggangi oleh penanam modal asing (PMA). Menurutnya, saat ini peternak rakyat mayori tas sudah menyewakan kandangnya ke PMA, yang secara otomatis mereka tidak dapat mensejahterakan ekonomi.

Semestinya peternak mendesak perubahaan (UU) Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan, karena UU tersebut sangat membebaskan PMA untuk membuat industri peternakan yang terintegrasi tanpa melibatkan peternak rakyat di dalamnya.

Seperti diketahui, saat ini Kementerian Perdagangan sedang menggodok harga referensi ayam di tingkat peternak. Sementara itu, Dinas Peternakan Jawa Barat menilai harga DOC dan harga pakan yang dinilai petenak terlalu tinggi merupakan hal yang fluktuaktif dari waktu ke waktu.****(Sumber : bisnis.com)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1157
mod_vvisit_counterYesterday2581
mod_vvisit_counterThis week3739
mod_vvisit_counterThis month40542
mod_vvisit_counterAll6222285