Babi Berisiko Tertular Flu Babi dari Manusia PDF Print E-mail
Setelah dipastikan menular dari manusia ke manusia, kini flu babi diprediksikan akan menular dari manusia ke babi. Jika itu terjadi, dikhawatirkan bakal terjadi mutasi virus baru yang belum bisa dipastikan jenisnya.

Seperti ditulis Reuters, Kamis (9/7/2009), telah ditemukan beerapa kasus dugaan firu H1N1 menulari dari manusia ke babi. Peneliti Jerman menemukan penularan tersebut bisa berlangsung secara cepat.

Thomas Vahlenkamp dan para koleganya dari pusat studi kesehatan hewan Friedrich Loeffler Institute, Jerman, bereksperimen menulari 5 babi dengan virus tersebut. Empat hari kemudian, virus itu telah menular ke 3 babi yang sebelumnya tidak terinfeksi dan menunjukkan tanda-tanda penyakit klinis.

"Dengan naiknya jumlah penularan antarmanusia, penularan virus ini ke babi menjadi mungkin. Pencegahan penularan dari manusia ke babi harus menjadi prioritas demi menghindari jatuhnya korban babi akibat pandemi ini," kata Vahlenkamp.

Meski virus ini menular dengan cepat di antara babi, namun tidak menular sama sekali ke 5 ayam yang berada dalam satu kandang.

WHO telah mengumumkan terjadinya pandemi sejak bulan Juni. Virus yang merupakan campuran dari elemen manusia, babi, dan burung ini telah membunuh lebih dari 400 orang di seluruh dunia dan menginfeksi jutaan lainnya.

Sumber: www.detik.com
Last Updated on Wednesday, 15 July 2009 11:07
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday135
mod_vvisit_counterYesterday369
mod_vvisit_counterThis week135
mod_vvisit_counterThis month4742
mod_vvisit_counterAll1929798