ASOHI JABAR LAKUKAN PEMBINAAN PEREDARAN & PENGAWASAN OBAT HEWAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 August 2017 13:32

BEKASI, Senin 31 Juli 2017. Bertempat di @HOM Hotel, ASOHI Daerah Jawa Barat memenuhi undangan Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Bekasi berpartisipasi dalam Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Peredaran Obat Hewan. Acara ini diikuti oleh sedikitnya 30 pelaku usaha poultry shop, pet shop dan Praktek Dokter Hewan dari seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.

Bertindak sebagai pemateri adalah Ketua ASOHI Jabar Drh Pranyata Tangguh Waskita. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Bekasi Drs H.A. Karim MSi, dilanjukan dengan pemaparan materi-materi tentang sosialisasi terkait Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Peredaran Obat Hewan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran para petugas pengawas obat hewan, pelaku bisnis usaha obat hewan, peternak, poultry shop dan pet shop.

Drh Pranyata menguraikan bahasan seputar ijin usaha obat hewan dan pengawasan tehadap obat hewan ilegal. Menurut dia pengawasan obat hewan dilakukan terhadap Produsen, Importir/Eksportir, Distributor, Pengemas Ulang Obat Hewan (Repacking), Pemakai atau Pencampur obat hewan dalam pakan ternak (Feedmill), Depo Obat Hewan, Toko Obat Hewan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian No. 74/Permentan/OT.140/12/2007.

Sementara untuk syarat dan tata cara pemberian izin usaha obat hewan diatur dalam Permentan No. 18/Permentan/ OT.140/4/2009. Izin usaha obat hewan diberikan oleh pejabat yang berwenang kepada perorangan warga negara Indonesia atau badan usaha untuk melakukan usaha di bidang obat hewan.

"Pemberian izin usaha obat hewan untuk produsen, importir, dan/atau eksportir diberikan oleh Direktur Jenderal Peternakan atas nama Menteri Pertanian. Sementara pemberian izin usaha obat hewan untuk distributor diberikan oleh Gubernur. Dan pemberian izin usaha obat hewan untuk depo, dan/atau toko diberikan oleh Bupati/Walikota," jelas Pranyata.

Pranyata menjelaskan beberapa syarat wajib untuk Depo obat hewan, pet shop, poultry shop yaitu harus memiliki sarana/peralatan untuk melakukan kegiatan usahanya; nomor pokok wajib pajak (NPWP); izin lokasi usaha/surat izin tempat usaha (SITU); Tanda Daftar Perusahaan; sural izin usaha perdagangan (SIUP); dan rekomendasi dari ASOHI. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1664
mod_vvisit_counterYesterday1908
mod_vvisit_counterThis week13508
mod_vvisit_counterThis month56220
mod_vvisit_counterAll1679690