ALLTECH KAMPANYEKAN PRODUKSI UNGGAS BEBAS ANTIBIOTIK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 August 2017 13:43

JAKARTA, 19 Juli 2017. Bertempat di Hotel JW Marriott Jakarta , PT Alltech Biotechnology Indonesia menggelar seminar Alltech One "Disruptive" Innovation for Poultry Production. Seminar ini ditujukan untuk menjawab keresahan peternak pasca mulai dilarangnya penggunaan (AGP/Antibiotic Growth Promoter) dalam industri peternakan khususnya unggas.

Salah satu isu hangat yang kerap dibicarakan oleh para kalangan di bidang kesehatan hewan dan peternakan adalah mengenai pembatasan penggunaan antibiotik di industri peternakan khususnya perunggasan. Pada prinsipnya penggunaan antibiotik seperti untuk pertumbuhan (AGP) memang bisa meningkatkan bobot hewan ternak, namun beberapa kalangan mengkhawatirkan timbulnya efek residu yang tak diinginkan.

Seminar diawali dengan presentasi dari Poultry Technical Manager Alltech Asia-Pacific, Dr Tugrul Durali. Menurut Durali, menjaga kesehatan unggas tanpa menggunakan antibiotik bisa diawali dengan menjaga kesehatan pada sistem pencernaan unggas.

"Sebagian besar sistem imun pada ayam berada di pencernaannya, mengingat hal itu menjadi penting bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Untuk menjaga saluran pencernaan dibutuhkan mikroflora yang menguntungkan seperti lactobacillus untuk menjaga keseimbangan saluran pencernaan tanpa penggunaan antibiotik," ujar Dr Durali.

Sementara Ahli Immunology dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Prof Dr Drh I Wayan Teguh Wibawan memaparkan beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi problem resistensi antibiotik. Salah satunya dengan pencegahan infeksi penyakit (biosekuriti, biosafety dan vaksinasi), yang ditopang dengan manajemen, pakan, dll. (RBS/WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2104
mod_vvisit_counterYesterday2505
mod_vvisit_counterThis week4609
mod_vvisit_counterThis month43075
mod_vvisit_counterAll1539143