ASOHI JABAR MERIAHKAN KONTES TERNAK JABAR 2017 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 August 2017 13:51

GARUT, Rabu 19 Juli 2017. Pengurus Daerah Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) Jawa Barat bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar kembali berpartisipasi dalam memeriahkan event akbar Kontes Ternak, Panen Pedet dan Pesta Patok tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017. Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ini digelar di lapangan Golf Flamboyan, Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut.

Kegiatan kontes ternak yang diikuti oleh 500 peternak, organisasi profesi, lembaga penelitian, swasta dan Perguruan Tinggi ini, merupakan agenda rutin Pemprov Jabar dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Jabar ke-71 yang jatuh setiap tanggal 19 Agustus.

Wagub dalam sambutannya mengatakan, melalui kontes ternak ini Deddy Mizwar berharap dapat memotivasi para peternak untuk secara swadaya menyediakan bibit pengganti induk-induk yang sudah tidak produktif sehingga produksi hasil ternak jauh lebih meningkat.

Seperti diketahui, Jabar memiliki delapan jenis ternak lokal atau sumber daya genetik yang secara resmi telah ditetapkan sebagai rumpun ternak asli Jabar pada bulan Mei 2017 lalu. Yaitu Domba Garut, Domba Priangan, Sapi Pasundan, Ayam Pelung, Ayam Sentul, Itik Rambon, Itik Cihateup dan Itik Padjajaran. Sejauh ini, populasi ternak domba dan ayam ras pedaging di Jabar masih menjadi yang terbesar di Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar Doddy Firman Nugraha selaku penyelenggara mengungkapkan, tujuan diadakannya Kontes Ternak, Panen Pedet dan Pesta Patok tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017 yaitu memberikan penghargaan kepada para peternak untuk menghasilkan bibit unggul terbaik dan memotivasi serta mengapresiasi kepada para pelaku usaha agribisnis.

"Ini untuk memotivasi para pelaku bidang peternakan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan mutu daya saingnya agar mampu meraih ulang pasar domestik maupun ekspor demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Doddy.

Dalam kontes ternak selama tiga hari ini pihaknya juga mengadakan penilaian bagi kelompok dan pemilik ternak untuk enam komoditi yaitu sapi potong, sapi perah, domba, kambing, ayam lokal dan itik. Kemudian pelayanan kesehatan kepada ratusan ekor ternak, pameran pembangunan peternakan, lomba domba catwalk dan temu usaha dunia peternakan sebagai media dialog antar pelaku peternakan.

Menurut Ketua ASOHI Jabar Drh. Pranyata Tangguh Waskita, "Perwakilan perusahaan anggota ASOHI yang berpastisipasi dalam acara ini diantaranya PT Tekad Mandiri Citra, PT Sanbe Farma, PT Medion, dan PT Paeco Agung,” katanya. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1660
mod_vvisit_counterYesterday1908
mod_vvisit_counterThis week13504
mod_vvisit_counterThis month56216
mod_vvisit_counterAll1679686