ASOHI SUMBAR BERI PELATIHAN MANAJERIAL KELEMBAGAAN PETERNAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 August 2017 14:04

PAYAKUMBUH, 18-19 Juli 2017. Bertempat di Balai Pelatihan Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat, ASOHI ikut berpartisipasi dalam program Bimbingan Manajerial Kelembagaan Asosiasi Agribisnis Peternakan. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini diikuti oleh puluhan peternak ternak besar dan unggas dari seluruh wilayah Sumbar.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan peranan kelembagaan/asosiasi peternakan dalam mendorong tumbuhnya usaha agribisnis peternakan yang efisien, efektif dan berkelanjutan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Drh Erinaldi MM dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua ASOHI Sumbar Drh. H. Dodi Mulyadi menuturkan, kelembagaan dan asosiasi peternak sangat potensial untuk diberdayakan, baik dari aspek manajemen pelatihan/permagangan, maupun pengembangan usaha, sehingga kontribusinya dalam mempercepat penerapan informasi dan teknologi baru di bidang peternakan.

Kelembagaan merupakan wadah organisasi bagi peternak untuk melakukan aktivitas usaha agribisnis peternakan, mulai dari hulu sampai hilir, membangun koordinasi dengan stakeholder terkait. Peranan kelembagaan peternak sangat penting dan strategis dalam rangka mewujudkan hubungan antara peternak dalam jaringan kerja sama dengan para stakeholder untuk membangun dan memperkuat kelembagaannya, guna mendorong tumbuhnya usaha agribisnis peternakan yang lebih efisien, efektif dan berkelanjutan.

Adanya peluang untuk memfasilitasi pelaku agribisnis peternakan agar mampu meningkatkan produktivitas dan nilai tambah usaha yang lebih optimal. Kemudahan akses informasi, teknologi, sarana dan prasarana, lembaga keuangan dan promosi untuk mendukung pengembangan usaha agribisnis peternakan.

Dodi menambahkan, asosiasi peternak sangat membantu dalam meningkatkan kapabilitas peternak untuk meningkatkan produksi dan produktivitas ternak. Melalui asosiasi peternak mendapat kemudahan akses informasi dan pasar sehingga mampu meningkatkan peluang penghasilan peternak.

"Peran Pemerintah dalam penguatan kelembagaan peternak sangat diharapkan guna mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan serta dalam rangka peningkatan peran oleh asosiasi," imbuh Dodi. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2088
mod_vvisit_counterYesterday2505
mod_vvisit_counterThis week4593
mod_vvisit_counterThis month43059
mod_vvisit_counterAll1539127