PARTISIPASI ASOHI PADA LOKAKARYA EMERGING PANDEMIC THREATS PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 August 2017 14:17

JAKARTA, 15-16 Juni 2017. Bertempat di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan ASOHI kembali berpartisipasi dalam lanjutan Lokakarya Kaji Ulang dan Penyusunan Rencana Kerja The Second Emerging Pandemic Threats Programme (EPT). Lokakarya ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan FAO ECTAD Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk finalisasi rencana kegiatan program EPT2 tahun ketiga dan sinkronisasi kegiatan dengan rencana kerja Pemerintah. Lokakarya ini melibatkan Direktur Kesehatan Hewan dan Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, serta Kepala Balai Veteriner dan Balai Besar Veteriner lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Selain itu ada pula perwakilan dari kementerian dan kelembagaan terkait, perwakilan dinas provinsi dan kabupaten, asosiasi, peternak dan perwakilan lembaga international/ donor. Pada kesempatan ini, ASOHI diwakili oleh Ketua Umum Drh Irawati Fari dan Wakil Sekjen Drh Forlin Tinora.

Sejak tahun 2005, Indonesia menjadi salah satu episentrum penularan Avian Influenza H5N1 pada manusia di dunia, dengan jumlah kematian dan kasus pada manusia yang lebih banyak dibandingkan dengan negara lain hingga tahun 2014. Masih berlangsungnya ancaman H5N1 Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) terhadap kesehatan hewan dan manusia di Indonesia, kemunculan Ebola dan MERS-CoV di Afrika dan kemudian Timur Tengah, serta dikonfirmasinya virus Zika di Indonesia baru-baru ini, menggarisbawahi pentingnya penguatan kapasitas dan dukungan terhadap pemerintah Indonesia dalam mencegah, mendeteksi, dan merespon ancaman kesehatan masyarakat yang baru atau yang muncul kembali, yang meluap (spill over) dari populasi hewan ke manusia.

Program EPT 2 dibangun berdasarkan kesuksesan program sebelumnya yang berfokus pada Avian Influenza dan merupaan kolaborasi yang berkelanjutan antara FAO ECTAD dan Ditjen PKH Kementerian Pertanian. EPT2 difokuskan untuk melaksanakan kolaborasi antar-sektor dan antar-disiplin di tingkat negara dan epizone. Tujuan umum dari program ini adalah untuk mencegah, mendeteksi secara cepat, dan merespon secara efektif ancaman-ancaman penyakit menular, yang merupakan tujuan kunci dari Global Health Security Agenda dan Interantional Health Regulations. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1212
mod_vvisit_counterYesterday2661
mod_vvisit_counterThis week6124
mod_vvisit_counterThis month48836
mod_vvisit_counterAll1672306