KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN PERATURAN MENTERI KKP TENTANG OBAT IKAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 24 August 2017 14:33

JAKARTA, Selasa 25 Juli 2017. Bertempat di Ruang Rapat Nila Lt. 15 Gedung Mina Bahari IV Kantor Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta Pusat, telah diselenggarakan Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan dan penyempurnaan Rancangan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Obat Ikan. Acara ini diikuti oleh segenap staf dan direktur dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan, ASOHI dan beberapa perusahaan yang berkecimpung dalam penyediaan obat ikan di Indonesia seperti Sanbe Farma, Behn Meyer, Trouw Nutrition Indonesia, Novus International Indonesia, Medion, Alltech, Biomin, Bayer, dll.

Hadir mewakili ASOHI adalah Ketua Umum Drh Irawati Fari. Dalam sambutannya Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Dr Ir Tri Hariyanto MM menuturkan, "Konsultasi publik ini sangat penting dilakukan guna mendapatkan masukan dari seluruh pihak terkait dengan rancangan Peraturan Menteri yang saat ini tengah kita susun. Kita ingin apa yang dikerjakan Pemerintah benar-benar sejalan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Hariyanto melanjutkan, pembangunan yang cukup pesat di sektor perikanan menuntut adanya perubahan serta simplifikasi aturan yang mudah serta applicable di masyarakat. Hal ini sejalan dengan amanah Undang Undang No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang mensyaratkan konsultasi publik untuk penyempurnaan penyusunan peraturan perundang-undangan.

Khusus untuk perikanan budidaya, terdapat Peraturan Menteri yang dirasa perlu dilakukan simplifikasi yaitu obat ikan. Hal ini didasari atas banyaknya aturan Permen KKP yang terpisah-pisah mengatur tentang obat ikan yaitu:

•    Permen KP No. PER.04/MEN/2012 tentang Obat Ikan.
•    Permen KP No. 14/PERMEN-KP/2013 tentang Perubahan atas Permen KP No. PER.04/MEN/2012 tentang Obat Ikan.
•    Permen KP No. 24/PERMEN-KP/2014 tentang Cara Pembuatan Obat Ikan yang Baik.
•    Kepmen KP No. 52/KEPMEN-KP/2014 tentang Klasifikasi Obat Ikan.

"Simplifikasi ini diharapkan akan memudahkan dalam implementasi kebijakan dari 4 (empat) Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut," tandas Hariyanto. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1214
mod_vvisit_counterYesterday2661
mod_vvisit_counterThis week6126
mod_vvisit_counterThis month48838
mod_vvisit_counterAll1672308