MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT MELALUI SPR PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 26 September 2017 14:27

BOGOR, Kamis 3 Agustus 2017. Bertempat di Auditorium Utama Gedung Andi Hakim Nasoetion, Institut Pertanian Bogor (IPB), dilangsungkan Pengukuhkan Prof DR Ir Muladno MSA, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan periode 2015-2016, sebagai anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). Acara dihadiri sekitar 200 undangan dari berbagai kalangan masyarakat.

Profesor yang kini kembali menjabat sebagai Dosen dan Kepala Lab Genetika Molekuler Ternak, Bagian Pemuliaan dan Genetika, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fapet IPB itu mengangkat materi tentang pentingnya meningkatkan kemampuan para peternak rakyat dari berbagai aspek teknis maupun non-teknis, khususnya dalam aspek bisnis. "Eksistensi sapi lokal di Indonesia bergantung kepada jutaan peternak rakyat. Sehingga tidak ada cara lain dalam meningkatkan kemampuan para peternak kecuali melalui bisnis kolektif," jelasnya.

Kegelisahaan oleh tingginya harga daging sapi yang tak kunjung terpecahkan, menurut guru besar kelahiran Kediri Jawa Timur itu, salah satunya adalah sistem kerja para peternak yang masih tradisional, dengan skala kepemilikan yang kecil antara 2-3 ekor sapi saja. Hal ini membuat sulitnya upaya pemuliaan yang berakibat pada produktivitas dan reproduktivitas ternak lokal kian menurun.

Untuk itu Prof Muladno menyampaikan, pentingnya ada skala kepemilikan minimum ternak sehingga peternakan rakyat dapat dikembangkan dan berdaya saing tinggi. Mengembangkan konsep Sekolah Peternakan Rakyat Seribu Seratus Sepuluh Satu alias SPR-1111 dan Kemitraan Mulya 60 (KM-60) adalah solusi yang disuguhkan Muladno.

SPR-1111 adalah konsep kerjasama antara pemerintah, akademisi dan pelaku industri untuk mengembangkan usaha peternak rakyat. Sementara KM-60 adalah skema kerjasama antara peternak dan investor kecil di bawah pengawasan birokrat dan perguruan tinggi.

Kedua konsep itu dibahas dalam kuliah inagurasinya. Ketua AIPI, Prof Sangkot Marzuki mengatakan, bahwa kuliah inagurasi anggota sangat penting dilakukan sebagai cara memperkenalkan anggota AIPI yang baru terpilih kepada masyarakat ilmiah Indonesia. (DS/WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday130
mod_vvisit_counterYesterday247
mod_vvisit_counterThis week905
mod_vvisit_counterThis month7582
mod_vvisit_counterAll1883325