PEMBERITAHUAN DIRJEN PKH TERKAIT PERMENTAN NO. 14/2017 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 26 September 2017 15:46

JAKARTA, 09 Agustus 2017. Melalui surat resminya Dirjen PKH Drh I Ketut Diarmita MP menyampaikan pemberitahuan kepada segenap anggota ASOHI terkait telah diterbitkannya Peraturan Menteri Pertanian No. 14/PERMENTAN/ PK.350/5/2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan pada tanggal 9 Mei 2017. Sehubungan dengan mulai diberlakukannya Permentan tersebut Dirjen menjelaskan bahwa obat hewan dengan komposisi zat aktif sebagaimana tercantum dalam Lampiran II Permentan tersebut, dilarang untuk didaftarkan dan diedarkan di Indonesia.

Selanjutnya obat hewan yang telah memiliki nomor pendaftaran dengan komposisi zat aktif yang telah dilarang, maka nomor pendaftaran tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi. Sedangkan obat hewan dengan komposisi zat aktif yang dilarang dan sedang dalam proses pendaftaran tersebut dihentikan dan tidak dapat dilanjutkan kembali.

Untuk obat hewan yang mengandung antibiotik sebagai imbuhan pakan dan mengandung golongan beta 1 adrenergic agonist yang telah memiliki nomor pendaftaran, diberikan tenggang waktu sehingga nomor pendaftaran tersebut masih berlaku sampai tanggal 31 Desember 2017. Selanjutnya setelah tenggang waktu tersebut terlampaui, maka obat hewan sebagaimana dimaksud pada poin 4 tidak boleh lagi untuk diproduksi, diimpor, digunakan dan/atau diedarkan.

Untuk obat hewan yang mengandung antibitoik sebagai imbuhan pakan, diizinkan untuk melakukan perubahan indikasi dan didaftarkan kembali dengan indikasi yang diajukan adalah untuk tujuan terapi/pengobatan. Untuk antibiotik yang indikasi awalnya ditujukan untuk antikoksidia nama dagang obat yang didaftar ulang dapat menggunakan nama yang sama dengan sebelumnya. Sedangkan untuk antibiotik yang indikasi awalnya ditujukan untuk pemacu pertumbuhan (growth promoter) nama dagang obat yang didaftar ulang harus menggunakan nama yang berbeda dengan sebelumnya.

Terhadap obat hewan yang didaftarkan kembali dalam rangka perubahan indikasi tersebut, akan diprioritaskan untuk dilakukan percepatan proses pendaftaran. Apabila penyampaian dokumen untuk perubahan indikasi tersebut melampaui batas waktu yang telah ditentukan, maka proses pendaftaran tidak dilakukan percepatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menguhubungi Sekretariat ASOHI dengan Sdri. Eka Savitri atau Efrida Uli di (021)-7829689, 78841279. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday199
mod_vvisit_counterYesterday288
mod_vvisit_counterThis week1161
mod_vvisit_counterThis month4114
mod_vvisit_counterAll1907319