MEMBASMI RESISTENSI ANTIMIKROBA DENGAN SATU PENDEKATAN KESEHATAN PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 27 October 2017 10:54

JAKARTA, 19 Oktober 2017. Penggunaan agen antimikroba yang tidak tepat, salah satunya adalah antibiotik, semakin mengkhawatirkan. Hal itu menimbulkan ancaman kesehatan global di seluruh dunia akibat resistensi antimikroba. Bahkan kerugian mencapai 1,5 miliar Euro per tahun di Eropa.

Kondisi ini mendorong Food of Agricultural Organization (FAO-UN) untuk secara aktif melakukan kampanye melawan bahaya AMR. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melalui acara dua tahunan, The Indonesian Livestock and Dairy Expo (ILDEX) 2017 yang diselenggarakan di JI EXPO Kemayoran Jakarta 18-20 Oktober 2017. Fokus utama kampanye FAO Emergency Center for Transboundary Animal Diseases (FAO ECTAD) adalah untuk memperkuat kapasitas sektor kesehatan hewan guna mendukung dan bekerja dengan sektor lain (kesehatan manusia dan lingkungan) di bawah payung. Satu Kesehatan (One Health).

Selain membuka stand Pameran, FAO ECTAD bersama Direktorat Peternakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menggelar seminar bertema "Perlawanan Antimikroba dan Masa Depan Peternakan Unggas di Indonesia". Seminar dihadiri oleh setidaknya 100 peternak dari seluruh Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya di industri peternakan.

"Karena salah satu upaya untuk mengendalikan resistensi antimikroba adalah dengan menerapkan praktik pengelolaan yang baik di industri peternakan, sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko penyakit menular; Salah satunya adalah melalui penerapan biosekuriti tiga zona," tegas Elly Sawitri, Penasihat Nasional Veteriner FAO ECTAD.

Seminar dihadiri oleh peternak dari Karanganyar, Solo dan Semarang yang telah berhasil menerapkan biosecurity tiga zona dan praktik pengelolaan yang baik serta telah mengalami banyak perbaikan positif di peternakan layer mereka. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday24
mod_vvisit_counterYesterday385
mod_vvisit_counterThis week24
mod_vvisit_counterThis month4834
mod_vvisit_counterAll1908039