ISPI GELAR SEMINAR DISTRIBUSI RANTAI DINGIN PRODUK UNGGAS PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 27 October 2017 11:26

JAKARTA, Kamis 28 September 2017. Kementerian Pertanian telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No.61/Permentan/PK.230/12/2016 Tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras. Tidak hanya itu, Pemerintah DKI Jakarta juga telah melakukan kebijakan guna mendukung terciptanya produk unggas yang ASUH. Dengan hadirnya Perda DKI No.4 Tahun 2007 mengenai Pengendalian, Pemeliharaan dan Peredaran Unggas yang mewajibkan dibangunnya RPA (Rumah Pemotongan Ayam) disekitaran Jakarta, telah sedikitnya mengatur akan terciptanya produk unggas yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Melihat permasalahan yang terjadi seputar penyelenggaraan RPA ini, Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) menyelenggarakan Seminar dengan Tema "Distribusi Rantai Dingin Produk Unggas". Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan pameran International Farming Technology (IFT) yang bertempat di JI EXPO Kemayoran, Gedung Pusat Niaga Arena JIEXPO Kemayoran.

"Tentunya diharapkan dengan adanya RPA yang ada ini, tidak hanya sekadar memenuhi kebutuhan yang ada, melainkan pula dapat membangun RPA yang tersertifikasi guna menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat memasok sesuai kebutuhan," demikian diungkapkan Ketua Umum PB ISPI Prof Dr Ali Agus saat pembukaan.

"Terlebih dengan situasi dan kondisi perunggasan saat ini dimana telah terjadi over suplai pasokan DOC (Day Old Chick/ anak ayam umur sehari) yang berdampak terhadap berlebihnya pasokan daging unggas di pasaran, bukan solusi yang tepat untuk menjual dalam bentuk hidup (live bird). Keberadaan RPA dan cold storage menjadi penting peranannya dalam menjaga kestabilan harga," tegas Agus.

Perubahan yang dianggap perlu dan baik untuk dilakukan diharapkan dapat menyelamatkan dari kondisi over suplai dan pemasaran yang masih mengandalkan bentuk hidup. Karena mau tidak mau, mereka harus sudah siap terhadap pasar bebas ASEAN yang telah berlangsung saat ini.

Seminar menghadirkan narasumber diantaranya Dirjen PKH, Drh. I Ketut Diarmita, MP, Direktur Kesmavet, Drh Syamsul Maarif, M.Si, Direktur PT QL Trimita Cecep Moch. Wahyudin, Direktur PT United Refrigeration Bugie Pudjotomo, Sekjen ARPHUIN (Asosiasi Rumah Potong Unggas Indonesia) Agus Wahyudi, Ketua Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) Herry Dermawan, Direktur CV Jambu Raya Asep Saepul. Seminar diikuti oleh profesional di industri pangan, perwakilan pemerintah, asosiasi, akademisi, dan peternak. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1068
mod_vvisit_counterYesterday1638
mod_vvisit_counterThis week8461
mod_vvisit_counterThis month22158
mod_vvisit_counterAll1816369