ASOHI JATIM GELAR SEMINAR & PELATIHAN PJTOH BERSERTIFIKAT PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 23 November 2017 13:31

SURABAYA, 8-9 November 2017. Bertempat Hotel Ibis Style, Jl. Jemur Sari Surabaya, Pengurus Daerah Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) wilayah Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Penanggung Jawab Teknis Obat Hewan (PJTOH). Seminar dua hari ini diikuti oleh perwakilan perusahaan obat hewan dan perusahaan pakan ternak di wilayah Jatim.

Latar belakang diselenggarakannya pelatihan ini merupakan amanat ketentuan Pemerintah yaitu Permentan No. 18/Permentan/OT.140/4/2009 dan Keputusan Dirjen Bina Produksi Peternakan No. 01/ Kpts/SM.610/F/01/05 yang menetapkan bahwa setiap perusahaan obat hewan, perusahaan pemakai dan pencampur obat hewan dalam pakan ternak harus mempunyai Penanggung Jawab Teknis Obat Hewan (PJTOH).

Rangkaian kegiatan ASOHI Jatim ini juga dihadiri secara khusus oleh Ketua Umum ASOHI Drh. Irawati Fari, Kepala Sub Direktorat Pengawasan Obat Hewan Drh Ni Made Ria Isriyanti dan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim.

Seminar hari pertama menghadirkan pembicara diantaranya Direktur Keswan Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa PhD yang menyampaikan makalah berjudul "Sosialisasi Peraturan Free AGP & Update AI H9N2". Sementara itu makalah berjudul "Monitoring Pakan Pasca Pelarangan AGP" disampaikan oleh Drh. Agus Susanto, M.Si. (Koordinator Wastukan BPMSP Bekasi). Pembicara terakhir Prof. Dr. Drh. Chairul Anwar Nidom MS menyampaikan materi berjudul "Tinjauan Ilmiah Tentang Problematika Penurunan Produksi."

Pada hari kedua dilaksanakan pelatihan PJTOH yang menghadirkan pembicara antara lain dari Kabid Keswan Jatim, Balai Besar Karantina Pertanian Jatim. Ada juga dari Subdit POH Ditjen PKH Kementan dengan materi berjudul "Rantai dingin dan tata cara pengiriman obat hewan yang baik".

Setelah jeda ISHOMA paparan Subdit POH dilanjutkan dengan materi seputar tata cara pendaftaran obat hewan, persyaratan izin usaha obat hewan, serta tugas dan tanggung jawab PJTOH. Sementara dari BBPMSOH menjelaskan tata cara pengiriman sampel obat hewan. Dan presentasi terakhir ditutup oleh Ketua ASOHI dengan paparan "Peran ASOHI dalam mebina Anggota".

Menurut Ketua ASOHI Jatim Drh. Suyud, seminar dan pelatihan PJTOH ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi Penanggung Jawab Teknis baik Dokter Hewan maupun Apoteker perusahaan obat hewan.
"Pelatihan PJTOH ini sangat penting bagi perusahaan dan seorang penanggung jawab teknis obat hewan terkait proses CPOHB bagi perusahaan produsen obat hewan tempatnya bekerja," tambah Ir. Imam Akhbarudin, Wakil Ketua ASOHI Jatim. Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis sertifikat PJTOH kepada salah satu peserta pelatihan. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday21
mod_vvisit_counterYesterday1841
mod_vvisit_counterThis week1862
mod_vvisit_counterThis month9826
mod_vvisit_counterAll1701838