RAPAT BERSAMA BAHAS AGP DAN ANTIKOKSI PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 23 November 2017 13:43

JAKARTA, 27-28 Oktober 2017. Bertempat di IPB Science Techno Park, Direktorat Kesehatan Hewan menyelenggarakan pertemuan membahas perkembangan produk Antibiotic Growth Promoter (AGP) dan Antikoksi. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Permentan No. 14 tahun 2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan.

Rapat hari pertama melibatkan banyak perwakilan perusahaan anggota ASOHI dan pengurus GPMT. Sementara pengurus ASOHI Nasional yang hadir diantaranya Ketua Umum Drh. Irawati Fari, Wasekjen Drh. Forlin Tinora, dan Ketua Bid. Hub. Antar Lembaga Drh. Andi Wijanarko.

Dari risalah rapat yang disepakati bersama antara Ditkeswan, PPOH, KOH, ASOHI dan GPMT terangkum beberapa poin diantaranya untuk Antikoksi non Ionophore disepakati boleh diberikan selama 21 hari.

Sementara untuk Antikoksi Ionophore disepakati untuk dilakukan uji klinis terlebih dahulu dengan protokol disusun oleh ASOHI bersama dengan Ditjen PKH. Satu protokol untuk 1 zat aktif untuk 1 klaim indikasi. Setelah protokol disetujui akan dilaksanakan uji klinis di lembaga kompeten yang independen dan terakreditasi. Hasil uji klinis tersebut disampaikan pada seminar yang dihadiri oleh para ahli di bidangnya. Dari hasil seminar tersebut ditetapkan sebagai bahan yang dapat diajukan sebagai bahan dokumen pendaftaran obat hewan. Apabila telah memiliki data yang telah dipublikasi di jurnal yang bereputasi (nasional atau internasional), dokumen tersebut dapat diajukan sebagai bahan dokumen pendaftaran obat hewan.

Hal serupa juga diterapkan untuk Antibiotik Imbuhan Pakan (AIP) yang memiliki indikasi hanya sebagai pemacu pertumbuhan (AGP); AIP untuk pengobatan NE dan Swine Dysentri; serta AIP untuk Mycoplasma, Salmonella dan E. Coli.

Rapat berlangsung selama dua hari, namun hanya hari pertama yang dijadwalkan diikuti oleh stakeholder swasta. Sementara hari kedua, rapat diikuti oleh pihak Subdit POH, PPOH, dan KOH. (ES/WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday20
mod_vvisit_counterYesterday1841
mod_vvisit_counterThis week1861
mod_vvisit_counterThis month9825
mod_vvisit_counterAll1701837