BBALITVET LUNCURKAN APLIKASI TAKESI DUKUNG PROGRAM UPSUS SIWAB PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 28 February 2018 15:46
BOGOR, Selasa 13 Februari 2018. Bertempat di Aula Balai Besar Penelitian Veteriner (BBALITVET), Badan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui unit kerja BBALITVET meluncurkan Takesi yang merupakan aplikasi kesehatan sapi. Aplikasi Takesi dapat diunduh secara gratis melalui Appstore. Aplikasi ini memiliki empat menu utama antara lain penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan, dan kontak ahli. 
 
Berdasarkan jenis penyakitnya, aplikasi ini dibagi menjadi penyakit infeksius dan non-infeksius. Takesi dikemas menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, dan jelas, termasuk memasukkan beberapa bahasa daerah popular terkait nama-nama penyakit tertentu pada ternak ruminansia, yakni sapi.
 
Kepala Balitbangtan Dr Ir Muhammad Syakir MS, mengemukakan teknologi dan inovasi yang dihasilkan para peneliti di BBALITVET sejalan dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa pertanian dapat maju dengan inovasi dan teknologi.
 
"Karena itu, semua program strategis nasional yang dimiliki Kementerian Pertanian berbasis riset dan teknologi," kata Dr Ir Muhammad Syakir MS di Bogor, Jawa Barat belum lama ini.
 
Kepala BBALITVET Dr drh NLP Indi Dharmayanti MSi mengatakan, Takesi adalah satu dari sejumlah inovasi yang diluncurkan untuk mendukung program strategis Kementerian Pertanian dalam mewujudkan swasembada daging melalui UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).
 
"Takesi memiliki inovasi lengkap mulai tahap pertama proses pemeriksaan hewan sampai tahap akhir pengembangbiakkan dan menghasilkan sapi indukan yang berkualitas. Saat ini sudah ada 1.700 orang yang mengunduh aplikasi ini sejak disosialisasikan November 2017. Sosialisasi masih terbatas di sejumlah wilayah yang menjadi sentra peternakan sapi," ujar Indi. (NDV/WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday41
mod_vvisit_counterYesterday235
mod_vvisit_counterThis week1238
mod_vvisit_counterThis month4191
mod_vvisit_counterAll1907396