MSD ANIMAL HEALTH GANDENG INFOVET GELAR SEMINAR PERMENTAN NO. 14/2017 PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 28 February 2018 16:14
TANGERANG, Senin 19 Februari 2018. Bertempat di Hotel Mercure, Alam Sutera - Tangerang, PT MSD Animal Health bekerjasama dengan Majalah Infovet memfasilitasi untuk menggelar pertemuan antara stakeholder peternakan dengan pembuat kebijakan dalam Seminar "Permentan No 14 Tahun 2017 dan Implementasinya dalam Penggunaan Antibiotik di Dalam Pakan".
 
Tak kurang sebanyak 80 peserta memenuhi undangan seminar yang berlangsung awal pekan itu. Drh Hartalina Karo Karo selaku Managing Director PT MSD Animal Health mengatakan kegiatan seminar ini dapat terlaksana karena banyaknya permintaan dari customer.
 
"Sebuah kehormatan bagi kami dapat mengundang para stakeholder dan pembicara diantaranya pakar ilmu nutrisi ternak Prof Dr Ir Budi Tangendjaja MSc, M Appl dan Kasubdit Pengawasan Obat Hewan Drh Ni Made Ria Isriyanthi PhD," tuturnya.
 
"Diharapkan dari seminar ini peserta banyak membawa pulang tambahan ilmu serta mengurangi kerisauan usai diterbitkannya Permentan No 14 Tahun 2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan," ungkap Drh Hartalina. Pada Permentan tersebut tercantum pelarangan antibiotika imbuhan pakan atau yang dikenal dengan AGP.
 
Lebih lanjut, Drh Ni Made Ria menekankan bahwa titik berat pelaksanaan peraturan ini menjadi tugas Dokter Hewan di perusahaan yang memakai dan mencampur obat hewan dalam pakan ternak (pabrik pakan ternak). Karena tugas mereka diantaranya menyetujui/menolak penggunaan bahan baku atau obat hewan jadi yang dicampur dalam pakan ternak sesuai/tidak dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dibidang obat hewan.
 
Selain itu dokter hewan juga wajib melaksanakan evaluasi terhadap khasiat, keamanan dan efek samping obat hewan yang dipasarkan. Dan membuat laporan tertulis tentang pemakaian atau pencampuran bahan baku atau obat hewan jadi dalam pakan secara periodik ke Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan cq Direktur Kesehatan Hewan dengan tembusan Dinas Peternakan atau yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi.
 
Pembicara lain dari pihak MSD adalah Drh Marwan Nasution, serta bertindak sebagai moderator adalah Drh Andi Wijanarko. Seminar dihadiri oleh banyak pelaku industri feedmill diantaranya perwakilan dari PT Sinta Prima Feedmill, PT Matahari Sakti, PT Feedmill Indonesia, PT Cibadak Indah Sari Farm, PT Sierad Produce, PT Cargill Indonesia, PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Pakan Serasi, PT Mabar Feedmill, PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Chiel Jedang Super Feed, PT Malindo Feedmill, PT East Hope Agriculture Indonesia, PT Kerta Mulya Saripakan, dll. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday125
mod_vvisit_counterYesterday221
mod_vvisit_counterThis week1812
mod_vvisit_counterThis month8313
mod_vvisit_counterAll1884056