DITJEN PKH LARANG PETERNAK GUNAKAN AGP DARI PAKAN TERNAK PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 28 February 2018 16:19
BLITAR, Rabu 07 Februari 2018. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Ditjen PKH) mengimbau peternak dan seluruh stakeholder di bidang perunggasan tidak menggunakan AGP (Antibiotik Growth Promoter). Larangan penggunaan AGP ini bertujuan untuk mencegah terjadinya residu obat pada ternak. Selain itu mencegah gangguan kesehatan manusia yang mengonsumsi produk ternak karena sulit didegradasi dari tubuh hewan target.
 
"Saat ini sebanyak 700 ribu orang meninggal tiap tahunnya karena resistensi pada antibiotik. Yang saya pikirkan sekarang adalah, bagaimana generasi kita ke depan jika penggunaan AGP tidak dilarang. Ini tentunya sangat berbahaya," ungkap Dirjen PKH, I Ketut Diarmita.
 
Untuk menghindari kemungkinan potensi semakin meluasnya resistensi antibiotik, para peternak diminta taat terhadap aturan eliminasi AGP dari pakan ternak. "Tolong buat para peternak, jaga kualitas pangan Indonesia, khususnya pangan asal ternak sehingga aman bagi konsumen. Dengan begitu, Indonesia pun akan turut mendapatkan pengakuan di dunia," pintanya.
 
Selain itu, beberapa sumber rujukan ilmiah internasional juga menunjukkan bahwa beberapa foodborne bakteri seperti Salmonella Sp., Campylobacter Sp., Enterococci Sp., dan Escherichia coli yang resisten terhadap antibiotika telah terbukti dapat mentransfer gen resisten ke manusia melalui rantai makanan atau secara kontak langsung.
 
"Indonesia sebagai salah satu negara yang ikut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program pengendalian resistensi antibiotika ini. Melalui Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, kita mulai mengikuti aksi global dalam pengendalian resistensi ini," tegas Ketut.
 
Ketiga kementerian ini, lanjutnya, membuat Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) yang melakukan aksi global terpadu dan berkelanjutan baik pada sektor peternakan maupun kesehatan. (AF)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday190
mod_vvisit_counterYesterday385
mod_vvisit_counterThis week190
mod_vvisit_counterThis month5000
mod_vvisit_counterAll1908205