ASOHI KEMBALI GELAR PELATIHAN PJTOH ANGKATAN KE-XV PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Wednesday, 28 February 2018 16:37
TANGERANG, 13-14 Februari 2018. Antusiasme Pelatihan Penanggung Jawab Teknis Obat Hewan (PPJTOH) terlihat dari padatnya peserta yang memenuhi ruangan Lengkong I-III, Hotel Santika Teras Kota BSD City, Tangerang. Acara yang diselenggarakan Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI), 13-15 Februari 2018 ini, bekerjasama dengan Direktorat Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.
 
Menurut Ketua Panitia, Drh Forlin Tinora, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Penanggung Jawab Teknis Obat Hewan (PJTOH). "Selama pelatihan ini kita sajikan banyak materi, diantaranya soal perundang-undangan, kajian teknis obat hewan dan pemahaman organisasi, serta etika profesi sebagai PJTOH," ujar Forlin saat menyambut peserta pelatihan PJTOH Angkatan ke-15, Selasa (13/2).
 
Ia mengatakan, pihaknya sengaja hanya menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya. Diantaranya dari Ditkeswan, Subdit Pengawasan Obat Hewan; Direktorat Pakan; Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH); Komisi Obat Hewan (KOH); Tim CPOHB (Cara Pembuatan Obat Hewan yang Baik); PDHI; Pusat Karantina Hewan; PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil); Ketua ASOHI beserta Dewan Pakar dan Dewan Kode Etik ASOHI.
 
"Yang berbeda dari pelatihan angkatan sebelumnya, kali ini peserta mendapat tambahan materi dari PPNS dan diajak meninjau langsung ke fasilitas laboratorium di BBPMSOH selama setengah hari untuk melihat fasilitas pengujian obat yang ada," jelas Forlin.
 
Ketua Umum ASOHI Drh Irawati Fari menambahkan, pelatihan ini menjadi sangat penting karena tugas bagi seorang dokter hewan atau apoteker sebagai PJTOH di perusahaan obat hewan sudah diatur. "Salah satu tugasnya yakni memastikan perusahaan obat hewan (tempatnya bekerja) menjalankan usaha sesuai aturan, memastikan produk obat hewan yang dijual adalah legal (teregister) dan wajib menolak peredaran obat hewan ilegal," kata Irawati.
 
Sedangkan, lanjut Irawati, untuk di pabrik pakan, sebagai PJTOH wajib menolak penggunaan bahan baku atau obat hewan yang dilarang dicampur dalam pakan sesuai aturan. (RBS/WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday98
mod_vvisit_counterYesterday253
mod_vvisit_counterThis week1126
mod_vvisit_counterThis month7803
mod_vvisit_counterAll1883545