KEMENTAN DORONG PENINGKATAN PRODUKSI VAKSIN PUSVETMA PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 23 March 2018 15:46

SURABAYA, Kamis 15 Maret 2018. Pusvetma (Pusat Veteriner Farma) sebagai satu-satunya UPT Pemerintah yang memproduksi vaksin untuk hewan diharapkan dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam memproduksi vaksin. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita saat kunjungannya ke Pusvetma Surabaya.

I Ketut menjelaskan, vaksin sangat erat kaitannya dengan pengendalian penyakit pada ternak. Jika ternak sakit, maka akan mengganggu produktivitasnya. Untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk terus meningkatkan produktivitas ternak di dalam negeri.

"Orientasi kita saat ini adalah bagaimana awarness kita terhadap antimikrobialis sistem yang artinya pengalihan terhadap fungsi antibiotik tidak sebebas dahulu dan saat ini terjadi fase "dark" yang menyebabkan situasi dimana yang biasa menggunakan antibiotik menjadi tidak memakai," kata I Ketut Diarmita.

Untuk itu, Ia berharap agar Pusvetma dapat mengantisipasi kondisi saat datangnya musim hujan dan musim pancaroba yang biasanya terjadi outbreak penyakit, sehingga diperlukan pengendalian penyakit salah satunya dengan vaksinasi.
"Jangan sampai di suatu daerah kekurangan vaksin/obat, sehingga diharapkan Pusvetma dapat menyediakan vaksin yang diperlukan di lapangan seperti vaksin Jembrana atau yang lainnya," ucap I Ketut Diarmita.

I Ketut menghimbau agar Pusvetma dapat bekerjasama dengan institusi lain karena ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo agar kita sekarang menghilangkan semua hambatan dan mendorong ekspor.

I Ketut berpendapat, kinerja Ditjen PKH saat ini dinilai cukup bagus dilihat dari data statistik yang menggambarkan kenaikan fungsi yang signifikan, terutama dalam hal populasi ternak yg meningkat, pengendalian penyakit dan pengendalian harga unggas dan telur.

"Seluruh pegawai Pusvetma juga harus turut serta untuk mensukseskan UPSUS SIWAB 2018,” ujar I Ketut. “Terus ciptakan produk bermutu untuk Bangsa kita tercinta," pungkasnya. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday286
mod_vvisit_counterYesterday173
mod_vvisit_counterThis week1714
mod_vvisit_counterThis month5553
mod_vvisit_counterAll1873556