UPAYA PEMERINTAH STABILKAN HARGA AYAM DI TINGKAT PETERNAK MENUAI HASIL PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Friday, 23 March 2018 16:04

BOGOR, Rabu 14 Maret 2018. Upaya yang dilakukan pemerintah, terutama dalam rangka pemberdayaan dan perlindungan terhadap peternak unggas mandiri kini telah membuahkan hasil. Saat ini harga ayam di tingkat peternak telah berangsur naik dan relatif stabil. Peternak ayam dapat menikmati keuntungan karena harga ayam live bird mulai membaik.

Sugeng Wahyudi Sekjen GOPAN (Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional) saat ditemui dikandang milik Pak Agus yang terletak di Kecamatan Ranca Mungur Bogor (14/03) menyampaikan, kondisi saat ini harga ayam hidup di tingkat peternak bagus dibanding dengan tahun sebelumnya di bulan yang sama. Hal ini menurutnya karena implikasi dari penerapan Permentan Nomor 32 tahun 2017.

Nano Supriyatno peternak anggota GOPAN juga mengucapkan terimakasih kepada Ditjen PKH dan jajarannya karena baru saat ini Dirjen PKH I Ketut Diarmita bisa memperjuangkan nasib peternakan rakyat. "Biasanya pada bulan Februari-Maret kita demo, namun pada saat ini harga relatif stabil," ungkapnya.

"Kami sampaikan ucapan terima kasih atas support dari Bapak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, serta Bapak I Ketut Diarmita Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan," kata Singgih Januratmoko, Ketua Umum PINSAR (Perhimpunan Perunggasan Rakyat Indonesia).

"Harga sekarang sedang bagus-bagusnya di seluruh Indonesia, sesuai dengan harga batas atas pemerintah yakni 19 ribu rupiah per kg harga ayam hidup," ucap Singgih. "Alhamdulillah, ini semua berkat kerja keras Bapak Mentan dan Dirjen PKH," tambahnya.

Hal ini terjadi karena menurut Singgih, Peternak dan Kementerian Pertanian telah saling bahu-membahu bekerjasama untuk memperbaiki perunggasan nasional yang sebelumnya sejak tahun 2015 kacau balau.

Singgih mengatakan, telisik balik dari tahun 2013 bulan Februari-Maret harga selalu jelek dan harga di kandang bahkan anjlok sampai dengan Rp 9 ribu, modalnya hilang setengah sendiri. Menurutnya, implementasi dari Permentan 32 tahun 2017 sangat berpengaruh hampir peternak di seluruh Indonesia bisa menikmatinya. (WK)

 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday31
mod_vvisit_counterYesterday159
mod_vvisit_counterThis week190
mod_vvisit_counterThis month4585
mod_vvisit_counterAll1922745